Bupati melakukan pertemuan dengan Kepala Bagian Promosi Batam Bupati menjadi Pengisi Materi pada Latihan Kader Tingkat Nasional HMI Peringatan Usro’ Mi’raj tahun 1444 H dihadiri Bupati Ketua DPRD Reses diLubuk Terentang warga menyambut dengan hangat DPRD Tanjung Jabung Barat Lakukan Reses Masa Sidang II ke Dapil Jaring Aspirasi Masyarakat

Home / Berita / Daerah

Kamis, 27 Mei 2021 - 14:22 WIB

Secara Virtual Bupati mengikuti Rakornas Pengawasan Intern Pemerintahan

Suaratanjab.com-Kuala Tungkal

Di dampingi Sekda, Sekretaris Inspektorat serta para Inspektur Pembantu (IRBAN), Bupati Anwar Sadat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2021 secara virtual yang di pimpin langsung oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, kamis (27/5).

Presiden Jokowi dalam sambutannya menegaskan peran pengawasan adalah menjamin tercapainya tujuan pemerintah, program dan belanja anggaran secara akuntabel, efektif dan efisien. Dalam hal belanja anggaran lanjutnya, yang terpenting adalah mencapai target-target yang telah di tetapkan.

READ  Wabup KUNKER ke Kementrian Pertanian

“Yang di tunggu oleh rakyat itu adalah hasil dan manfaat dari setiap rupiah yang di belanjakan oleh pemerintah. Pengawasan harus menjamin bahwa tidak ada serupiahpun yang salah sasaran, tidak ada serupiahpun yang di salahgunakan apalagi di korupsi,” tegasnya.

Di tambahkan bapak presiden, poin-poin lain yang harus menjadi perhatian pemerintah dalam hal pengawasan intern di antaranya percepatan belanja pemerintah, kualitas perencanaan yang harus jelas ukuran keberhasilannya dan terkait akurasi data yang sampai saat ini masih menjadi persoalan.

READ  Bupati Sampaikan Pendapat Akhir Atas Keputusan DPRD Terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2022

“Contohnya data bansos yang tidak akurat dan tumpang tindih. Menyebabkan penyalurannya lambat dan tidak tepat sasaran,” imbuhnya.

Terkait perencanaan, presiden juga berharap agar upaya sinkronisasi program pemerintah untuk terus di tingkatkan sehingga tidak terjadi kesenjangan arah pembangunan antara pusat dan daerah.

“Efektivitas pengawasan intern membutuhkan komitmen dan manajemen yang baik. Saya tekankan bapak dan ibu menteri, kepala lembaga dan kepala daerah untuk menindaklanjuti dengan serius persoalan ini,” tukasnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Panen Raya cabe di Lubuk Terentang dihadiri juga oleh Ketua DPRD

Berita

Bupati mengadakan pertemuan dengan PT.PGN membahas jaringan Gas rumah tangga

Berita

Sosialisasi Perbup No.6 tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Sekda

Berita

Kondisi Jembatan Bramitam ditinjau Bupati dan Wabup

Berita

Ucok Mora Pimpin Rapat Paripurna Pertama DPRD Pengantar Raperda APBD TA-2022

Berita

Ketua DPRD Tanjabbar Hadiri Acara Firewell Parade Polres Sambut Kapolres Baru

Advetorial

Gubernur Al-Haris :Skill dan Attitude sangat penting

Berita

Rapat Rencana Pembangunan PMKS dipimpin Wabup