Bupati melakukan pertemuan dengan Kepala Bagian Promosi Batam Bupati menjadi Pengisi Materi pada Latihan Kader Tingkat Nasional HMI Peringatan Usro’ Mi’raj tahun 1444 H dihadiri Bupati Ketua DPRD Reses diLubuk Terentang warga menyambut dengan hangat DPRD Tanjung Jabung Barat Lakukan Reses Masa Sidang II ke Dapil Jaring Aspirasi Masyarakat

Home / Berita / Budaya / Daerah

Minggu, 31 Maret 2024 - 10:24 WIB

Hujan turun Peserta Arakan Sahur tetap bersemangat

KUALATUNGKAL-Suaratanjab.com

Festival Arakan Sahur yang berlangsung di Kualatungkal selama bulan suci Ramadan memasuki putaran ketiga Ahad dini hari tadi 31 Maret 2024, namun di tengah persiapan peserta memasuki garis star hujan turun membasahi kota ini sekitar pukul 22.30 dan berlangsung selama lebih kurang tiga puluh menit. Antusiasime masyarakat dan semangat peserta arakan tidak surut akibat turunnya hujan.

Situasi sebelum turun hujan dengan derasnya ditandai datangnya cahaya kilat dan suara petir yang menggelegar kondisi semakin mencekam di sekitar lokasi pelepasan peserta di rumah dinas bupati yang ditandai pula dengan padamnya jaringan listrik PLN, di tengah keadaan tersebut para penonton peserta arakan sahur bertahan di tengah guyuran hujan di kota ini tanpa beranjak dari posisi mereka berdiri diemperan toko/ruko di sekitarnya.

Setelah hujan reda pembawa acara (MC) mengumumkan untuk dimulainya kembali kegiatan Festival Arakan Sahur dengan para peserta akan melewati garis star menuju rute yang ditentukan dengan terlebih dahulu dilepas oleh Bupati Tanjung Jabung Barat beserta unsur Forkominda dan pejabat daerah daerah dari dinas terkait.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungjabung Barat Hermansyah SSTP, MH yang dikonfirmasi suaratanjab.com di lokasi star Arakan Sahur Sabtu malam (30/3) melalui Kabid Pariwisata Rengga Sekar Sari S.IP terkait kegiatan putaran terakhir Arakan Sahur mengatakan pihak mengapreasiasi sambutan masyarakat Tanjung Jabung Barat atas event Arakan Sahur yang digelar selama Ramadan namun terkait munculnya beragam tanggapan tentang pekan pertama Arakan Sahur terdapat perubahan jadwal Rengga menyatakan pihak berharap masyarakat bisa menghubungi dinas terkait,” Saya berharap masyarakat dapat merespon keputusan pemerintah dengan baik, jika ada pertanyaan disampaikan kepada pihak terkait, jangan di luar sana para nitizen menjust dengan pernyataan yang tidak benar,” ucapnya.

READ  Bulan BAKTI Agraria tahun 2021 dihadiri Bupati

Mengenai dampak lingkungan akibat penyelenggaraan Arakan Sahur menurut Rengga pihak meminta partisipasi aktif masyarakat penonton Arakan Sahur tidak membuang sampah pembungkus makan-minum sembarangan di tengah jalan saat menonton Arakan Sahur.” Saya berharap masyarakat dapat bertanya langsung pada kami jika ada yang dirasa perlu untuk ditanyakan,jangan punya asumsi sendiri atau mereka-reka seperti Rumor yang beredar tentang di Undurkannya Festival Arakan Sahur pada Minggu pertama Ramadhan serta menjaga kebersihan alangkah baiknya masyarakat tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Kabid Pariwisata.

Kilas balik kemeriaan acara pembukaan Festival Arakan Sahur pada malam ke 7 Ramadan (27/3) lalu, menjawab pertanyaan suaratanjab.comĀ  Rengga mengatakan bahwa pihaknya menggelar persiapan yang matang agar acara Pembukaan Festival Arakan Sahur yang dihadiri menteri Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dapat sukses terlaksana.”

READ  Rapat Paripurna Istimewa dipimpin langsung Ketua DPRD

Festival Arakan Sahur dari Tanjung Jabung Barat telah tercatat masuk pada Kharisma Event Nusantara, setelah melalui penilaian Tim Kurasi yang ketat kita berhasil memenuhi kriteria persyaratan, melalui Tim Kurasi Provinsi Jambi kita terpilih termasuk Festival Batang Hari, untuk Event Arakan Sahur dari Tanjung Jabung Barat dari sektor terpenuhi penilaian serta promosinya, karena pemerintah daerah telah mengagendakan kegiatan Arakan Sahur menjadi Festival yang diperlombakan sejak tahun 2011 setiap bulan Ramadan,” ungkap Kabid Pariwisata.

Mengenai hadiah bagi pemenang dikatakan Rengga pihaknya telah mempersiapkan dan ditambah bonus dari Gubernur Jambi.

“Untuk hadiah kita sudah persiapkan bagi juara 1 uang tunai sebesar Rp. 25 juta, pemenang kedua Rp. 20 juta, pemenang ketiga Rp. 15 juta, pemenang Harapan 1,2,3 serta Favorit masing-masing Rp. 8juta, Rp 7 juta dan Rp. 5 juta untuk Favorit Rp 3 juta, namun mendapat tambahan bonus menarik dari Gubernur Jambi bagi semua kriteria pemenang,” ucap Rengga menutup keterangannya.

Pantauan suaratanjab.com warga Kualatungkal tetap setia menonton Festival Arakan Sahur yang berlangsung hingga seluruh rombongan peserta melewati seluruh rute jalan yang ditentukan. Meskipun suasana dingin setelah hujan mengguyur bumi di Kualatungkal namun warga di kota ini tetap ramai, menikmati kegiatan Arakan Sahur hingga berakhir dini hari Senin, 31/03).

Share :

Baca Juga

Advetorial

Bupati sholat Idul Adha di Masjid Syeikh Usman Kuala Tungkal

Berita

Ketua DPRD Tanjabbar Himbau Masyarakat Turut Sukseskan Pemilu 2024

Berita

Bupati meminta PLN menjadwalkan Pengecekan dan Penggantian Instalasi listrik masyarakat

Berita

Rapat Koordinasi Ketersediaan dan Ketahanan Pangan dihadiri Plt.Ketua DPRD Tanjabbarat

Berita

Ahmad Jahfar hadiri iPeresmian Penyalaan Listrik 19 Desa

Berita

Wabup Tanjabbar Audiensi dengan Kepala Kanwil Dirjen Kekayaan Negara Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung

Berita

Peresmian Koramil 0419-03 Tungkal Ilir dihadiri Bupati dan wabup

Berita

Mantan Napi pimpin Partai? Layakkah?