Tips Tampil Menarik dan Modis di Segala Suasana Vaksinasi Massal di Kecamatan Pengabuan ditinjau Bupati Sekda Kunker ke Kabupaten Batang hari mewakili Bupati Bupati :Peringatan Maulid Nabi merupakan salah satu cara Mengagungkan Rasulullah SAW Pelaksanaan Diseminasi Haji dan Umroh 2021 Narasumbernya adalah Bupati

Home / Berita / Daerah / Politik

Selasa, 1 Maret 2022 - 19:01 WIB

Secara Virtual Sekda mengikuti Rakor Bidang Politik dan Pemerintahan Umum

Suaratanjab.com-Kuala Tungkal

Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M.Si ikuti Rapat Koordinasi Bidang Politik dan Pemerintahan Umum di Daerah terkait Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.ruang rapat Bupati Tanjung Jabung Barat, Selasa (01/03).

Rapat yang diikuti secara virtual dari ruang rapat Bupati ini, juga dihadiri oleh Bappeda, Kesbangpol, BKAD, serta diikuti juga secara virtual oleh  Sekretaris Daerah Provinsi dan Sekretaris Daerah Kabupaten/ Kota, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, Bappeda, BKAD Se-Indonesia.

Dalam rapat tersebut, Dirjen Politik dan PUM Drs. Bahtiar, M.Si memaparkan peran Pemerintah dan Pemda pada Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 bahwa Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 tidak ada perubahan Undang-Undang yang mendasarinya, Pasal 7 UUD Tahun 1945 : Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama 5 (lima) tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan. Sementara Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali kota berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 yang ditetapkan tanggal 1 juli 2016.

READ  Secara De Facto dan De Jure walikota jambi Menahkodai Partai Nasdem Propinsi Jambi

Untuk Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024, berdasarkan rapat DPR RI melalui Komisi II menyepakati jadwal Pemilu Serentak tahun 2024 pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dilaksanakan 14 Februari 2024, sementara Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota ditetapkan pada tanggal 27 November 2024. Kesepakatan itu diputuskan dalam rapat kerja Komisi Il bersama Mendagri, KPU, dan Bawaslu. Rapat digelar di kompleks parlemen.” Katanya.
Ditambahkannya, Peran Pemerintah dan Pemda ialah dalam Penyusunan Data Kependudukan, Pelaksanaan Kampanye, Percetakan dan Distribusi Logistik. sementara Peran Linmas, yaitu dalam Pemantauan Pelaksanaan, Netralitas ASN/PNS Pasal 9, dan Pasal 87 UU No. 5 th 2014.  Bentuk Bantuan dan Fasilitasi Pasal 434 ayat (2) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 menjelaskan, Penugasan personel pada Sekretariat PPK, Panwaslu Kecamatan dan PPS, Penyediaan Sarana Ruangan Sekretariat PPK, Panwaslu Kecamatan dan PPS, Pelaksanaan sosialisasi, Pelaksanaan Pendidikan Politik, Kelancaran transportasi pengiriman logistik, Pemantauan kelancaran penyelenggaraan pemilu, Kegiatan lain sesuai kebutuhan pelaksanaan pemilu.

READ  Ketua DPRD reses ke Desa Kuala Indah

Ditambahkan Plt. Dirjen Bangda Kemendagri Dr. Sugeng Hariyono, hal-hal yang perlu menjadi perhatian menjelang Pilkada serentak tahun 2024 pada dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah, pertama Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Daerah Tahun 2023-2026 dan Renstra Perangkat Daerah agar memperhatikan program-program yang berkaitan dengan urusan Kesatuan Bangsa dan Politik sebagaimana telah diatur dalam Kepmendagri 050-5889 Tahun 2021. Perlu disusun roadmap mengenai persiapan pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 sehingga tercipta pemahaman Bersama terkait persiapan Pilkada Serentak Tahun 2024.
“Pemerintah Daerah agar terus berperan aktif dalam memperhatikan acuan-acuan yang telah diterbitkan oleh Pemerintah Pusat terkait Pilkada serta melaporkan kondisi aktual di daerah dan Bagi daerah yang menyusun RPD 2023-2026 agar menggunakan klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah sesuai dengan Kepmendagri 050-5889 Tahun 2021.” Paparnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Upacara HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76 Bupati bertindak sebagai Inspektur Upacara

Berita

Pengecekan Posyan Operasi Ketupat 2021 oleh PJU Polda jambi didamping Kapolres Tanjabbarat

Agama

Halal Bihalal PKK dihadiri Bupati

Berita

Rapat Parpurna ke-2 digelar DPRD Tanjabbarat

Berita

Rapat Koordinasi Ketersediaan dan Ketahanan Pangan dihadiri Plt.Ketua DPRD Tanjabbarat

Berita

Sosialisasi Pelaksanaan Pembangunan Jargas dihadiri Wabup

Berita

Sambil Blusukan Bupati bagi-bagi Sembako dan masker serta hewan ternak di Pembengis

Berita

Kondisi Jembatan Bramitam ditinjau Bupati dan Wabup