Bupati melakukan pertemuan dengan Kepala Bagian Promosi Batam Bupati menjadi Pengisi Materi pada Latihan Kader Tingkat Nasional HMI Peringatan Usro’ Mi’raj tahun 1444 H dihadiri Bupati Ketua DPRD Reses diLubuk Terentang warga menyambut dengan hangat DPRD Tanjung Jabung Barat Lakukan Reses Masa Sidang II ke Dapil Jaring Aspirasi Masyarakat

Home / Berita / Budaya / Daerah / Ekonomi

Senin, 21 Februari 2022 - 13:31 WIB

Showroom Dekranasda Tanjabbarat diresmikan Bupati

Suaratanjab.com-Kuala Tungkal

Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat M. Ag didampingi Ketua TP PKK yang Sekaligus Ketua Dekranasda Tanjab Barat Hj. Fadhilah Sadat membuka secara resmi Workshop Ecoprint dan Pewarna Batik Alami sekaligus peresmian Showroom Dekranasda Kabupaten Tanjab Barat. Senin (21/02/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Showroom Dekranasda ini juga turut dihadiri oleh Pimpinan Petrochina, Asisten II,Kadis Koperindag, Narasumber, para peserta Workshop serta tamu dan undangan lainya.

Dalam Laporannya Kadis Koperasi ,UKM, Perindustrian dan Perdagangan Safriwan SE mengatakan Workshop ini rencananya akan dilaksanakan selama 4 hari Mulai dari tanggal 21 Februari 2022 sampai 24 Februari 2022, dengan 20 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Tungkal Ilir,Kecamatan Kuala Betara, Kecamatan Bramitam, dan Kecamatan Betara.

Dijelaskan Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat M. Ag dalam sambutannya, Ecoprint berasal dari kata Eco atau ekosistem yang berada di lingkungan hayati atau alam dan print artinya cetak. Sistem dengan menjiplak dedaunan dan kemudian merebusnya mirip seperti proses pembuatan batik maka sering juga disebut batik ecoprint.

READ  Wabup hadiri acara Penyerahan DIPA dan Alokasi Dana Desa bersama seluruh Kepala Daerah di Propinsi Jambi

“Perbedaan batik cap atau tulis dengan ecoprint adalah ecoprint tidak menggunakan alat seperti canting dan bahan malam namun menggunakan bahan terdapat alam sekitar seperti aneka dedaunan yang menghasilkan warna alami dan Kabupaten Tanjab Barat bisa memanfaatkan dedaunan seperti daun Putat daun jambu biji kulit Pinang dan lain sebagainya sebagai pewarna alami” Katanya.

Saya menyambut baik dengan diadakan workshop ecoprint dan pewarna batik di kabupaten Tanjung Jabung Barat ini merupakan salah satu terobosan baru dan perdana ikm batik kita dapat belajar dan mengikuti workshop dapat menimba ilmu ecoprint melalui instruktur handal yang didatangkan dari Yogyakarta, semakin sering diadakan workshop maka kualitas batik yang dihasilkan oleh para pengrajin tentunya akan semakin baik dan berkualitas, Ecoprint ini lebih kontemporer dibandingkan batik yang digambar ataupun dicetak dengan motif batik yang klasik,” tambahnya.

READ  Kapolres meninjau Peserta Gema Membumi kawasan Patunas Rt.13

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Dekranasda Tanjung Jabung Barat, dan berharap kedepannya Dekranasda dapat bekerja dengan baik dan menjalankan program-program yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan produk kerajinan kerajinan batik atau kerajinan lainnya yang berdampak bagi peningkatan kesejahteraan para pengrajinnya.

Semoga batik Tanjab Barat menjadi salah satu produk unggulan dan berharap ecoprint batik dapat berkembang pesat di seluruh kawasan Tanjung Jabung Barat bahkan nasional dengan ciri khas motif tertentu” Tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan Tanda Peserta Workshop serta Penandatanganan serah Terima showroom Dekranasda Tanjab Barat dan Peresmian Showroom Dekranasda serta di akhiri Peninjauan Showroom Dekranasda Tanjab Barat.

Share :

Baca Juga

Berita

Wabup melihat langsung latihan Tim Sepakbola Tanjabbarat sekaligus memberikan semangat

Berita

Musrenbang rancangan RPJMD 2021-2026 dibuka Bupati

Agama

Ditengah Pandemi Pembukaan MTQ ke-50 berlangsung sukses

Daerah

20 SK Pensiun PNS diserahkan Bupati

Berita

Sidak Bupati dibeberapa kantor Lurah

Berita

Kepengurusan Karang Taruna Tanjung Jabung Barat akhirnya terbentuk

Berita

Rapat Paripurna digelar DPRD Tanjabbarat

Advetorial

Penanaman Pohon Mangrove oleh Bupati dan Kapolda Jambi