Bupati melakukan pertemuan dengan Kepala Bagian Promosi Batam Bupati menjadi Pengisi Materi pada Latihan Kader Tingkat Nasional HMI Peringatan Usro’ Mi’raj tahun 1444 H dihadiri Bupati Ketua DPRD Reses diLubuk Terentang warga menyambut dengan hangat DPRD Tanjung Jabung Barat Lakukan Reses Masa Sidang II ke Dapil Jaring Aspirasi Masyarakat

Home / Berita / Daerah

Senin, 22 Mei 2023 - 20:24 WIB

Bupati menjadi Irup pada Upacara Harkitnas ke-115

Suaratanjab.com-Kualatungkal

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 115, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) menggelar upacara di halaman Kantor Bupati, Senin (22/05/23).

Pada kegiatan yang bertema “Semangat Untuk Bangkit” Bupati Tanjabbar, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Harkitnas tahun 2023. Upacara tersebut turut di ikuti Wakil Bupati, Ketua DPRD, Jajaran Forkopimda, Pejabat Eselon II, III, ASN dan TKK Lingkup Pemkab Tanjabbar.

Dalam amanat upacara, Bupati Tanjabbar membacakan sambutan Plt Menteri Komunikasi dan Informatika, Moh. Mahfud MD menyampaikan, sejak berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

Disampaikannya pula, Boedi Oetomo berdiri guna mendorong Bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu. Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita- cita utama kebangkitan nasional.

READ  Wabup Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid KLA Tahun 2023

“Yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, nemajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” tutur Bupati membacakan sambutan Menkominfo.

Dalam peringatan hari Kebangkitan Nasional tahun 2023, Plt Kemkominfo Mahfud MD mengatakan agar dapat memaknainya sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi.

“Selain itu juga dapat dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” lanjutnya.

Dalam sambutan tersebut, Plt Kemkominfo juga menyampaikan peningkatan perekonomian Indonesia yang tumbuh 5,31 persen (year-on-year/yoy) ditahun 2022, jauh meningkat dari tahun 2021 sebesar 3,70 persen (yoy).

“Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah di berbagai forum internasional, yakni G20. Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong Semangat Untuk Bangkit di tingkat dunia,” ujarnya.

READ  146 SK PNS formasi 2018 diserahkan Bupati

Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan keketuaannya dalam forum ASEAN di tahun 2023 yang efektif, berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023 yang lalu. Semangat untuk Bangkit dan mempercepat pemulihan global pascapandemi juga dikobarkan di tingkat regional. Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan regional maupun global, sekaligus memperkuat posisi ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia.

Dengan semangat tersebut, kiranya penting apabila seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

Share :

Baca Juga

Berita

Kunker sekaligus silaturrahmi Dandempom II/2 disambut Bupati dan wabup

Berita

Bupati dan Wabup serahkan bantuan buat Nelayan

Berita

Reses ke-2 Ketua DPRD kunjungi 2 desa di Kecamatan Betara

Berita

DPRD Tanjabar Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Bupati Tanjabar Tahun 2021 dan Rapat Khusus Penangan Covid 19

Berita

Sosialisasi SPI tahun 2023 diikuti Wabup secara Virtual

Berita

Bupati menjadi IRUP pada Upacara Hari Pendidikan Nasional 2022

Berita

Upacara HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76 Bupati bertindak sebagai Inspektur Upacara

Agama

Peringatan Isra Mi’raj di Pasar Sungai Saren dihadiri Bupati