Bupati melakukan pertemuan dengan Kepala Bagian Promosi Batam Bupati menjadi Pengisi Materi pada Latihan Kader Tingkat Nasional HMI Peringatan Usro’ Mi’raj tahun 1444 H dihadiri Bupati Ketua DPRD Reses diLubuk Terentang warga menyambut dengan hangat DPRD Tanjung Jabung Barat Lakukan Reses Masa Sidang II ke Dapil Jaring Aspirasi Masyarakat

Home / Berita / Peristiwa

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 21:06 WIB

Vakum 2 Tahun, IWO Sarolangun Bikin Gebrakan Diskusi Ilmiah

Kapolres Jadi Pemateri Diskusi Ilmiah IWO

Suaratanjab com-SAROLANGUN

Pandemi Covid-19 membatasi banyak kegiatan. Usai sudah, IWO Sarolangun Bikin Gebrakan setelah vakum 2 tahun.

Belasan wartawan online mengikuti acara Generasi Anti Hoax di Era Digital 2022, Sabtu (27/8/2022). Agenda ini dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 10 Ikatan Wartawan Online.

Mahasiswa dari 3 kampus di Sarolangun, mengikuti Diskusi Ilmiah yang berlangsung di Aula Kampus STAI Darul Ulum Desa Tanjung Kecamatan Batin VIII.

Kegiatan tersebut menghadirkan Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono. Sik sekaligus narasumber. Terlihat mahasiswa dari HMI, PMII, IMM dan GMS antusias mengikuti kegiatan dengan “Generasi Anti Hoax di Era Digital”

Selain Kapolres, kegiatan juga dihadiri langsung Pj Ketua IWO Provinsi Jambi, Erwin Majam sekaligus memberikan materi.

Tampak hadir, Ketua PD IWO Sarolangun Husnil Aqili bersama Rektor STAI Darul Ulum dr Mawardi, Mpdi.

Staf Ahli Bupati, Ramawi mewakili Bupati Sarolangun bersama Camat Batin VIII Ario L Fajri.

Kemudian Kadiskominfo Sarolangun melalui Kabid TIK, M. Fahri serta Kasat Reskrim AKP Rendie Renaldy, Sik sekaligus pemateri. Juga hadir Kapolsek Batin VIII AKP Yawan Feriandy, SE, Kasi Humas Iptu Riendradi, Kasikum Ipda Erik, MH

READ  Ketua TP PKK berkunjung ke Desa Mandala Jaya

Kapolres mengharapkan, acara gelaran IWO ini dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme jurnalis media online di Kabupaten Sarolangun.

“Pemkab Sarolangun melalui staf ahli Bupati H. Ramawi mengapresiasi program-program Diskusi Ilmiah seperti ini. Harapan kami IWO tetap konsisten untuk meningkatkan kualitas personal jurnalis media online,” katanya.

Sementara itu Ketua IWO Husnil Aqili, Spd mengatakan kegiatan tahun 2022 ini diikuti oleh anggota dan calon anggota IWO Sarolangun. Kemudian Ikatan Mahasiswa Muhamadyah, GP Ansor, Santri Aliyah dan Organisasi Kepemudaan se-Kabupaten Sarolangun.

“Materinya menyampaikan bahwa profesi wartawan di tengah wabah Covid-19 penuh dengan tantangan. Setidaknya, ada empat hal yang menjadi tantangan wartawan,” katanya.

Pertama profesi wartawan termasuk dalam kelompok ODR (Orang Dalam Resiko).

“Artinya, sebagai praktisi yang mengharuskan turun ke lapangan untuk mendapatkan data yang faktual dan valid, wartawan sangat rentan tertular virus Covid-19. Kedua pemberitaan hoax mengalami peningkatan. Hal ini yang membuat para wartawan harus bekerja ekstra dalam memverifikasi data yang sesungguhnya di lapangan.” kata dia.

READ  Ketua DPRD resmi menjabat sebagai Ketua PBSI

Sementara itu, Tiara, Wakil Presiden BEM Sarolangun mengatakan ini memberikan tambahan ilmu baginya dan sangat bermanfaat.

“Secara pribadi ada teknik dan ilmu baru dalam penulisan di media online agar terhindar dari jeratan UU ITE, Anti Hoax dan Kejurnalistikan,” katanya.

Sementara itu, kegiatan ini berlangsung pula sesi tanya jawab yang menjadi bagian menarik.

Dari saat materi UU ITE, IT sampai Dasar-dasar jurnalistik, sejumlah pertanyaan terus mengalir dari peserta.

Erwin Majam mengapresiasi IWO Sarolangun atas kegiatan kali ini sebagai bentuk edukasi bagi publik dan anggota wartawan itu sendiri. Baginya, hal ini sekaligus memperkuat kekompakan organisasi.

“Setelah 2 tahun vakum karena pandemi, hari ini IWO Sarolangun bikin gebrakan. Mengedukasi UU ITE, IT dan Jurnalistik. Kegiatan ini, telah berlangsung di kepengurusan IWO baik di Provinsi Jambi maupun di daerah lainnya,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Agama

Pengajian Ramadhan dirumah Dinas Bupati

Berita

Bunda PAUD mengunjungi TK-ALHIDAYAH di Sungai Saren

Berita

Sekda : dari 2018 lalu Pemda sudah menerapkan sistim non tunai

Berita

Ketua DPRD menghadiri Upacara Puncak HUT Tanjabbarat yg ke-57

Berita

Sosialisasi Perbup No.6 tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Sekda

Berita

Launching SPM secara Virtual dihadiri sekda

Agama

Ketua DPRD hadiri Launching Album Lagu Daerah dan Religi

Berita

Wakil Ketua II DPRD Hadiri Penutupan MTQ Ke-10 Tingkat Desa Kemuning