oleh

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91dipimpin Bupati

Suaratanjab.com-Kuala Tungkal

Upacara Peringatan Hati Sumpah Pemuda ke-91 dipimpin langsung oleh Bupati Tanjung Jabung Barat,Dr.Ir.H. Safrial,MS,yang diselenggarakan di Alun-Alun Kota Kuala Tungkal. Senin (28/10).

Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga yang  dibacakan Bupati adalah,”Pesatnya perkembangan teknologi informasi memungkinkan generasi muda dapat mengakses informasi lebih cepat guna meningkatkan kapasitas pengetahuan. Namun Bupati juga mengingatkan dampak Negative yang timbul akibat kemajuan teknologi salah satunya informasi yang sifatnya destruktif seperti pornografi, narkoba, radikalisme, terorisme dan lainnya. Menurutnya, pemuda indonesia harus dibekali ilmu pengetahuan dan karakter positif guna memfilter dampak negatif tersebut.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, memungkinkan pemuda berinteraksi lintas negara, budaya, dan agama. Dalam hal ini Bupati berharap pemuda Indonesia dapat ikut berperan dalam bersaing dengan bentuk yang positif.

“Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya harap kedepannya akan banyak tokoh muda yang muncul mendunia” harap Bupati.

Terkait tema peringatan hari sumpah pemuda “Bersatu Kita Maju”, Bupati menyampaikan persatuan pemuda indonesia merupakan suatu keharusan. Menurutnya pemuda Indonesia bertanggung jawab dalam memajukan bangsa Indonesia.

Usai upacara, Bupati disaksikan Forkopimda, serahkan piagam Penghargaan kepada PT. Transportasi Gas Indonesia dan PT. Energasindo Heksa Karya atas pemberian bantuan life jaket dan safety boots kepada petugas kebersihan dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Turut hadir mengikuti Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91, Forkopimda, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua TP PKK, Kepala OPD, Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah, dan Peserta Upacara yabg merupakan PNS, TNI, POLRI, Ormas, dan perwakilan Pelajar lingkup Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Pada kesempatan yang sama usai upacara Ketua DPRD Tanjungjabung Barat Mulyani Siregar SH pada suaratanjab. Com mengatakan tentang pandangannya terkait tantangan bagi generasi milenial saat ini,” Yang jelas jaga NKRI, pemuda hendaknya jangan mengharapkan bantuan orang lain, namun jadilah pemuda mandiri, kuat dan tangguh serta mampu berpikir dan bekerja untuk memajukan bangsa dan negara,” ujar Mulyani.

Menurut Mulyani, pemuda saat ini menghadapi musuh yang harus dilawan dengan sekuat tenaga, karena merupakan ancaman besar yang harus dihadapi bersama yang merupakan musuh bangsa adalah perang terhadap narkoba dan ancaman lainnya ide-ide ekstrim dari paham radikalisme yang harus dibasmi agar mental pemuda Indonesia tidak digerogoti oleh paham-paham tersebut,” Banyak ancaman yang harus dihadapi pemuda Indonesia, sehingga waspada terhadap bahaya narkoba, perang terhadap narkoba dan menjauhi sikap radikalisme, lakukan kegiatan positif sehingga terlindung dari pengaruh perkembangan dunia global yang tidak baik,” ungkap Mulayani.

Mewakili pendapat kalangan muda daerah ini tentang makna Sumpah Pemuda, Gadis Tanjungjabung Tanjungjabung Barat 2018  Messy Anis Apriani (15) terkait moment Hari Sumpah Pemuda mengatakan,” bahwa dirinya selalu pemuda asal daerah ini memiliki komitment terhadap diri sendiri dan masyarakat untuk menjalani kehidupan selaku anak muda   dengan melaksanakan kegiatan bermanfaat.” Membangkitkan kembali semangat Sumpah Pemuda, kami selaku anak muda bisa berbuat positif  salah satunya  melestarikan budaya bangsa yang luhur bisa dengan berbagai aktivitas,” ujar Gadis Tanjungjabung Barat ini.  Selanjutnya menurut Siswi SMA I Kualatungkal ini untuk memaknai moment Sumpah Pemuda dirinya ingin  membangkitkan kembali semangat yang dicetuskan para pejuang bangsa sehingga melakukan ikrar Sumpah Pemuda, dengan cinta NKRI kita mengimplementasi semangat tersebut melalui kegiatan positif misalnya dengan mengajak para anak muda seusianya menjauhi narkoba dan tidak terlibat pada kegiatan yang berpaham radikal.

Pendapat serupa dilontarkan oleh Bujang Tanjungjabung Barat2018, Wudiantoro Budi Syaban (18), “Selaku anak muda daerah ini saya ingin mengajak teman-teman memanfaatkan waktu dengan sebaik-baik dengan menggalang kegiatan positif dengan tidak terlibat kegiatan terlarang yaitu mengkonsumsi narkoba, sehingga saya dan kawan-kawan menjauhi narkoba,Say No To Drugs” ujar Alumni SMA YPM Tebing Tinggi ini sambil mengepalkan tangannya.(rin)

Komentar

News Feed