Vaksinasi Massal di Kecamatan Pengabuan ditinjau Bupati Sekda Kunker ke Kabupaten Batang hari mewakili Bupati Bupati :Peringatan Maulid Nabi merupakan salah satu cara Mengagungkan Rasulullah SAW Pelaksanaan Diseminasi Haji dan Umroh 2021 Narasumbernya adalah Bupati Hj. Fadillah Sadat silaturrahmi ke PAUD Anggrek

Home / Berita / Budaya / Daerah / Hot NEWS / Pariwisata / Peristiwa

Minggu, 17 April 2022 - 16:30 WIB

Tradisi Arakan Sahur disambut antusias warga Kuala Tungkal

Suaratanjab.com-Kuala Tungkal

Akhirnya arakan sahur yang sudah 2 tahun Vakum dan yang ditunggu-tunggu warga Kuala Tungkal digelar oleh Pemerintah Daerah Tanjung Jabung Barat,Sabtu (16/4) malam,tentunya dengan prosedur Prokes yang ketat dan dengan pengawasan Instansi yang terkait.

Festival Arakan Sahur Ramadhan Tahun 2022 dibuka resmi pelaksanaannya oleh Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani.M.Pd.I didampingi Wakil Bupati Tanjungjabung Barat Hairan SH yang ditandai dengan pemukul beduq. Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Barat melalui instansi terkaitnya yaitu Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata daerah ini menggelar moment relegius tersebut dengan tema “Bangga dan Cinta terhadap Kepariwisataan dan Kearifan Lokal Kabupaten Tanjungjabung Barat”.

Kegiatan ini berlangsung dan dipusatkan di alun-alun kota ini yaitu bertempat di Laman Orang Kayo Paduka Laksamana
Kualatungkal sebagai lokasi star rombongan arakan sahur menuju rute yang ditentukan oleh panitia.

Pembukaan Festival tersebut juga dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat, Ketua GOW, Ketua DWP, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kabag di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Camat serta Undangan Lainnya.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanjungjabung Barat H. Mulyadi, S. Pd, M. Kes selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Festival Arakan Sahur 2022 yang malam itu mengenakan busana adat daerah Teluk Belanga warna biru Kegiatan mengatakan arakan sahur bertujuan untuk mewujudkan kepariwisataan yang berkualitas, menarik wisatawan berkunjung sehingga dapat meningkatkan perekonomian pelaku industri kepariwisataan dan masyarakat sekitar.

Namun sesaat sebelum acara dimulai suaratanjab.com  berkesempatan melakukan wawancara dengan Plt. Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanjungjabung Barat Mulyadi, S. Pd, M. Kes. terkait kegiatan yang digelarnya mengatakan tahun ini panitia total menyediakan dana sebesar Rp. 60 juta pagi para pemenang lomba arakan sahur dan terdapat juga piala bagi masing-masing pemenang sesuai kariterianya selain piala bergilir.

READ  Kondisi Jembatan Bramitam ditinjau Bupati dan Wabup

Menurut Mulyadi pihaknya mewanti-wanti agar semua peserta juga masyarakat yang menonton kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat kondisi pandemi C-19 belum berakhir sehingga untuk itu pihaknya bersama Dinas Kesehatan menyediakan layanan vaksinasi 1,2 dan booster bagi warga yang belum divaksin saat berada di lokasi kegiatan.

“Kegiatan kita ini berlangsung masih dalam suasana pandemi dan kita membatasi peserta hanya terdiri dari sepuluh group, sehingga warga dan peserta diminta mematuhi protokol kesehatan karena kita berharap kegiatan ini sukses menjadikan kelak Arakan Sahur Tanjungjabung Barat mampu tampil sebagai event pariwisata tingkat Provinsi Jambi bahkan nasional”. ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Tanjungjabung Barat Hairan, SH dalam sambutannya, menurutnya selain untuk melestarikan kebudayaan masyarakat, event festival arakan sahur ini diharapkan mampu menjadi perekat dalam mempersatukan seluruh lapisan masyarakat.

“Selain itu, pelaksanaan arakan sahur kali ini dilakukan guna menjawab kerinduan masyarakat atas lantunan irama panggilan sahur yang terbingkai kedalam seni dan musik kearifan lokal di Kabupaten Tanjung Jabung Barat bumi serengkuh dayung serentak ketujuan” Ujar Wabup.

Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I yang hadir membuka kegiatan Festival Arakan Sahur saat dalam kata sambutannya mengajak seluruh yang hadir untuk bersyukur pada malam hari ini di bulan yang mulia ini bisa berkumpul pada kegiatan festival arakan sahur karena sudah 2 tahun acara ini tidak bisa dilaksanakan.

“Katakanlah walaupun kita belum bebas dari pandemi, tapi Alhamdulillah kita bisa berkumpul berbahagia melaksanakan arakan sahur ini,” ucap Wagub.

Lebih lanjut, Wagub berharap kegiatan festival arakan sahur Ramadhan ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk bersilahturahmi, berkolaborasi, bersinergi antara Pemerintah dengan Ulama dan terutamanya kepada masyarakat. Wagub juga berharap festival arakan sahur dapat diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan.

READ  Salah satu Narasumber pada Bimtek PNS Pejabat tinggi Pratama dan Pejabat Administrator adalah Wakil Bupati

“Kegiatan ini mohon dilanjutkan karena banyak hikmahnya, kita bisa menunjukkan kebersamaan, keceriaan dan disisi lain pada suatu saat nanti bisa menjadi ajang kegiatan yang rutin di tingkat Nasional dan Gubernur bisa hadir serta kita berusaha Bapak menteri bisa menghadiri acara festival arakan sahur ini dan mari kita dukung bersama,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini berdampak besar, khususnya bagi wisata sehingga akan bisa menumbuh kembangkan UMKM yang intinya juga menyangkut kesejahteraan masyarakat, oleh karena itu kami sampaikan terimakasih atas nama Gubernur Jambi atas inisiatif kegiatan ini dan kerjasama kita semua dan mudah mudahan dinilai oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Tina Salah seorang warga mengatakan, “hiburan kami warga Tungkal pada ramadhan adalah arakan sahur ini,rase rindu kami dengar tabuhan beduk dan gamelan khas arakan sahur terobati malam ini,ngantuk dak terase nengok meriahnya arakan sahur dan gemerlapnya lampu hias pada gerobak hias arakan,terimakasih buat pemerintah daerah yang memahami keinginan warga Tungkal,tutup Tina dengan tersenyum.

Kegiatan ini yang berlangsung dipertengahan malam itu dalam suasana syahdu semangat Ramadan berkumandang melalui lantunan syair-syair indah peserta dan lafas dzikir yang disampaikan dari lisan peserta dan irama tabuhan gendang yang memukau, usai pembukaan Festival Arakan Sahur Ramadhan 2022 yang ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wakil Gubernur Jambi didampingi Wakil Bupati serta Unsur Forkopimda dilanjutkan dengan pelepasan peserta Festival guna menuju ke rute yang ditentukan, disetiap rute yang dilewati para juri berada di lokasi tersebut memberikan penilaiannya, kegiatan ini masih akan berlangsung pekan depan.

Share :

Baca Juga

Agama

Pelepasan Kafilah MTQ ke-50 oleh Bupati

Berita

Rapat Paripurna kedua digelar DPRD Tanjabbarat

Berita

Bupati kunker ke Ditjen Bina Adwil Kemendagri

Berita

Sekda mengikuti Launching layanan Polisi 110 bersama Kapolres

Berita

Bupati Didampingi Ketua TP-PKK Resmikan Gedung PAUD Al-Ansor Desa Sungai Gebar

Berita

Kunjungan ketua TP PKK ke Yayasan Melati Panti Asuhan Anak cacat

Berita

Penjambretan membuat warga Kuala Tungkal resah

Berita

Pelabuhan Penyebrangan Roro di resmikan