Kurir Sabu berhasil dibekuk anggota Polsek Merlung Ziarah dan Tabur Bunga dimakam Pahlawan Digelar Polres

Home / Advetorial / Berita / Daerah

Rabu, 19 Februari 2020 - 08:03 WIB

Sertifikat Eliminasi Filariasis diraih Kabupaten Tanjabbarat

Suaratanjab. Com-Kuala Tungkal

Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat terima Sertifikat Eliminasi Filariasis (Kaki Gajah) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib pada kegiatan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) yang diselenggarakan di Jiexpo Jakarta. Rabu (19/02).

Rakerkesnas yqng mengusung tema “Promotif Preventif Kesehatan untuk Membentuk SDM Unggul menuju Indonesia Maju 2045” ini juga turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Barat, dr. Hj. Andi Pada, M.Kes.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P dalam arahanya mengatakan kebijakan pembangunan kesehatan diarahkan pada upaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan melalui peningkatan upaya promotif dan preventif.

Selain itu dibutuhkan pula dukungan dan inovasi serta pemanfaatan teknologi, sehingga pada Bonus Demografi mendatang Indonesia dapat memperoleh sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

READ  Bupati hadiri Pelantikan ketua Pengadilan Agama

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI, Letjen TNI Dr.dr. Terawan Agus Putranto Sp.Rad(K) menyampaikan, penyelenggaraan Rakerkernas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tahun 2020 ini dalam rangka membahas lima fokus masalah kesehatan.

“Masalah kesehatan tersebut antara lain Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI/AKB), pengendalian Stunting, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dan Tata Kelola Sistem Kesehatan,” ujar Menteri.

Selain itu, menurut Terawan Agus Putranto, penyelenggaraan Rakerkesnas Tahun 2020 ini juga bertujuan sebagai forum tingkat nasional dalam rangka merumuskan rencana aksi program atau kegiatan bidang kesehatan.

‚ÄúTahun 2020 merupakan tahun pertama pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024, dan juga Rencana Strategis (Renstra) Kemenkes tahun 2020-2024″ jelasnya.

READ  Wagub meninjau Pelaksanaan MTQ didamping Bupati dan wabup

Secara terpisah, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat sampaikan apresiasi dan terimakasih atas penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI. Wabup berharap penghargaan yang diterima ini dapat dijadikan sebagai penambah semangat bagi Pemkab untuk bekerja lebih baik lagi, terutama di bidang kesehatan.

Lebih lanjut, Amir Sakib juga sampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjab Barat melalui Dinas Kesehatan pada dasarnya akan menindak lanjuti arahan dari Menteri Kesehatan.

” Saya berharap, Dinas Kesehatan dapat segera menindak lanjuti arahan pak Menteri Kesehatan, apa lagi yang termasuk lima fokus masalah kesehatan itu” ujar Wabup.(hms)

Share :

Baca Juga

Advetorial

RUPS Bank Tanggo Rajo dipimpin Bupati

Berita

Secara Daring Bupati menghadiri acara VLH dan KLA diruang Pertemuan

Berita

Silaturrahmi dan Audiensi aliansi Jurnalis bersama Bupati

Berita

Terkait TPA Lubuk Terentang Ketua Komisi II akan panggil BLHD

Advetorial

Digedung Eks Puskesmas II ada satu Pasien Positif Covid-19 yang di Isolasi

Bisnis

Bupati mengikuti video Conference Zoom yang dipimpin Luhut Binsar Panjaitan

Berita

Launching film Dokumenter KINIPAN di Apresiasi ketua Komisi II

Berita

Syukuran masyarakat atas teralirinya listrik dihadiri Bupati