Vaksinasi Massal di Kecamatan Pengabuan ditinjau Bupati Sekda Kunker ke Kabupaten Batang hari mewakili Bupati Bupati :Peringatan Maulid Nabi merupakan salah satu cara Mengagungkan Rasulullah SAW Pelaksanaan Diseminasi Haji dan Umroh 2021 Narasumbernya adalah Bupati Hj. Fadillah Sadat silaturrahmi ke PAUD Anggrek

Home / Advetorial / Berita / Daerah

Rabu, 19 Februari 2020 - 08:03 WIB

Sertifikat Eliminasi Filariasis diraih Kabupaten Tanjabbarat

Suaratanjab. Com-Kuala Tungkal

Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat terima Sertifikat Eliminasi Filariasis (Kaki Gajah) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib pada kegiatan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) yang diselenggarakan di Jiexpo Jakarta. Rabu (19/02).

Rakerkesnas yqng mengusung tema “Promotif Preventif Kesehatan untuk Membentuk SDM Unggul menuju Indonesia Maju 2045” ini juga turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Barat, dr. Hj. Andi Pada, M.Kes.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P dalam arahanya mengatakan kebijakan pembangunan kesehatan diarahkan pada upaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan melalui peningkatan upaya promotif dan preventif.

Selain itu dibutuhkan pula dukungan dan inovasi serta pemanfaatan teknologi, sehingga pada Bonus Demografi mendatang Indonesia dapat memperoleh sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

READ  Pembukaan calon Taruna Baru Poltek AUP tahun 2020/2021

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI, Letjen TNI Dr.dr. Terawan Agus Putranto Sp.Rad(K) menyampaikan, penyelenggaraan Rakerkernas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tahun 2020 ini dalam rangka membahas lima fokus masalah kesehatan.

“Masalah kesehatan tersebut antara lain Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI/AKB), pengendalian Stunting, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dan Tata Kelola Sistem Kesehatan,” ujar Menteri.

Selain itu, menurut Terawan Agus Putranto, penyelenggaraan Rakerkesnas Tahun 2020 ini juga bertujuan sebagai forum tingkat nasional dalam rangka merumuskan rencana aksi program atau kegiatan bidang kesehatan.

‚ÄúTahun 2020 merupakan tahun pertama pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024, dan juga Rencana Strategis (Renstra) Kemenkes tahun 2020-2024″ jelasnya.

READ  Bupati Tanjabbar Hadiri Monitoring dan Evaluasi Kerjasama Antara Pemkab dan STTKD

Secara terpisah, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat sampaikan apresiasi dan terimakasih atas penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI. Wabup berharap penghargaan yang diterima ini dapat dijadikan sebagai penambah semangat bagi Pemkab untuk bekerja lebih baik lagi, terutama di bidang kesehatan.

Lebih lanjut, Amir Sakib juga sampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjab Barat melalui Dinas Kesehatan pada dasarnya akan menindak lanjuti arahan dari Menteri Kesehatan.

” Saya berharap, Dinas Kesehatan dapat segera menindak lanjuti arahan pak Menteri Kesehatan, apa lagi yang termasuk lima fokus masalah kesehatan itu” ujar Wabup.(hms)

Share :

Baca Juga

Berita

Penjambretan membuat warga Kuala Tungkal resah

Advetorial

Pasien Positit Covid-19 Tanjabbarat bertambah 1 orang

Berita

Ketua dan Pengurus Nasdem mengunjungi Korban Kebakaran sebagai bentuk Kepedulian Sosial

Berita

Showroom Dekranasda Tanjabbarat diresmikan Bupati

Berita

Pembangunan 3 Aula Pondok Pesantren diresmikan Pemkab bersama SKK Migas

Advetorial

Camat Senyerang gelar rapat bersama forkompimcam antisipasi penyebaran Corona

Berita

Panen Raya di lubuk Terentang dihadiri Bupati

Berita

DPRD Tanjabbarat gelar Rapat Paripurna Pertama