oleh

Satgas SABER Pungli Sosialisasi keberbagai SKPD

SUARATANJAB.COM-Sejak dikukuhkan awal tahun ini, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Tanjab Barat bergerak cepat untuk membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar. Dalam hal pencegahan, Satgas Saber Pungli intens melakukan sosialisasi ke berbagai SKPD di lingkup pemkab Tanjab Barat.

Setelah sebelumnya mengadakan sosialisasi di Badan Pelayanan Pajak Tanjab Barat, senin (13/2) Satgas Saber Pungli mengadakan sosialisasi kepada Dinas Perhubungan Tanjab Barat di Pelabuhan LASDP Kuala Tungkal.

Wakil Bupati Tanjab Barat Drs. H. Amir Sakib yang ikut hadir sebagai pemateri mengingatkan ASN Dishub yang hadir agar jangan sampai ada Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Dishub. “Peluang pungli di dishub sangat terbuka. Disini ada tempat pengurusan KIR, pemungutan retribusi serta perizinan-perizinan lainnya. Jangan coba-coba lakukan pungli, yang memberi dan menerima sama-sama bisa di pidana dan hukumannya sangat berat,” ujar Wabup mengingatkan.

Wabup juga meminta partisipasi aktif masyarakat untuk melaporkan jika melihat terjadinya pungli. “Nomor pengaduannya sudah ada, bisa lewat telpon, sms, whatsapp atau melaporkan langsung ke sekretariat Satgas Saber Pungli. Tunjangan Daerah sudah dinaikkan Pak Bupati hingga 50%, jadi harapan kami bersama Pak Bupati, Tanjab Barat harus bisa zero pungli,” kata Wabup.

Sementara Ketua Tim Satgas Saber Pungli Tanjab Barat, Kompol. Ilyan Chandra, S.Ik mengatakan Pungli memberikan dampak yang buruk. “Pungli menyebabkan ekonomi biaya tinggi, merusak tatanan masyarakat, menghambat pembangunan dan menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah. Untuk itu kami akan membangun system pencegahan dan pemberantasan di Tanjab Barat. Kami akan memanfaatkan teknologi informasi dan melakukan operasi tangkap tangan,” ujar Wakapolres Tanjab Barat ini.

“Sama dengan pak Wabup, kami berharap jangan sampai ada yang OTT. Harapan kami dengan adanya satgas ini pungli kami berantas, korupsi disikat, pelayanan meningkat dan masyarakat sejahtera,” tutupnya.

Turut hadir dalam sosialisasi Kasi Intelejen Kajari Tanjab Barat, Ikrar Demarkasi, SH, MH, Kepala Dishub Tanjab Barat Drs. Endang Surya, Para Irban Inspektorat serta pegawai lingkungan Dishub Tanjab Barat.

 

image image image

Komentar

News Feed