Bupati melakukan pertemuan dengan Kepala Bagian Promosi Batam Bupati menjadi Pengisi Materi pada Latihan Kader Tingkat Nasional HMI Peringatan Usro’ Mi’raj tahun 1444 H dihadiri Bupati Ketua DPRD Reses diLubuk Terentang warga menyambut dengan hangat DPRD Tanjung Jabung Barat Lakukan Reses Masa Sidang II ke Dapil Jaring Aspirasi Masyarakat

Home / Berita / Daerah / Peristiwa

Sabtu, 7 Januari 2023 - 08:56 WIB

Rapat Paripurna DPRD Propinsi Jambi ke-66 turut dihadiri Bupati Tanjabbarat

Suaratanjab.com-jambi
Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag hadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi dalam rangka peringatan hari jadi Provinsi Jambi ke-66 Tahun 2023. Jum’at (6/1). Sidang Paripurna dibuka dan dipimpin secara resmi Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto didampingi Waka | Faisal Riza, Waka II Pinto Jayanegara, Gubernur Jambi Al Haris, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Paripurna tersebut juga dihadiri, Menko PMK, Pangdam II/ Sriwijaya, Mayor Jenderal TNI Hilman Hadi, dan sejumlah pejabat di pimpinan pusat, DPR RI dan DPD RI Dapil Jambi, Bupati/Walikota se-provinsi Jambi, Unsur Forkopimda Provinsi Jambi, Pejabat Eselon I dan II, Unsur Vertikal Provinsi Jambi, Lembaga Adat Melayu Jambi. Selain itu dihadiri, Mantan Gubernur Provinsi Jambi, Kepala Daerah tetangga, Putra-Putri Provinsi Jambi yang berkarir di luar Provinsi, Keluarga Pahlawan Nasional Provinsi Jambi, Ormas, OKP dan Insan Pers.

READ  Ucok Mora Gelar Reses Ke-Tiga di Desa Kuala Kahar Seberang Kota

Dalam sambutannya Gubernur Al Haris menyebutkan bahwa HUT Provinsi Jambi yang ke-66 ini sebagai momentum untuk evaluasi kinerja pemerintah. Dirinya juga memaparkan sejumlah capaian kinerja Pemerintah Provinsi Jambi.

“Dari capaian indikator makro yang tercermin dari pencapaian pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi, pada tahun 2021 sebesar 3,66 persen. Dan laju pertumbuhan ekonominya dilihat dari Year on Year pada Triwulan III Tahun 2022 tumbuh sebesar 5,20 persen,” papar Gubernur Jambi Alharis.

Kemudian, capaian Nilai Tukar Petani (NTP) Provinsi Jambi pada bulan Desember 2022 sebesar 140,63 atau naik sebesar 1,95 persen dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 137,94.

Sementara itu, terhadap kondisi penduduk miskin di Provinsi Jambi juga mengalami penurunan, dimana pada bulan Maret tahun 2022 persentase penduduk miskin mencapai sebesar 7,62 persen atau sebanyak 279,37 ribu orang, turun sebesar 0,47 persen dibandingkan pada bulan Maret tahun 2021 sebesar 8,09 persen atau sebanyak 293,86 ribu orang.

READ  Hadir May Day, Ketua DPRD Inginkan Buruh Tanjabbar Sejahtera

“Mengatasi kondisi Kemiskinan Ekstrem Provinsi Jambi, juga menunjukkan trend menurun yaitu pada tahun 2022 dengan capaian sebesar 1,16 persen atau 42.411 orang, turun sebesar 0,14 persen dari tahun 2021 sebesar 1,30 persen dengan jumlah 47.229 orang,” lanjutnya.

Terakhir, ia memaparkan adanya penetapan baru Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Jambi pada tahun 2022.

“Dalam hal ini Pemerintah Pusat telah menetapkan pembangunan Pelabuhan Peti Kemas di Muaro Jambi sebagai salah satu dari 10 tambahan Proyek Strategis Nasional. Ini adalah bentuk Intervensi Pemerintah Pusat dalam mendorong percepatan terciptanya daya saing antar wilayah dan meningkatnya peluang investasi daerah dengan mengoptimalkan potensi unggulan daerah khususnya di Provinsi Jambi,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Agama

Bupati menghadiri Launching LIDIA Kementrian Agama

Berita

Pelantikan 65 Anggota PPK Se-Tanjabbar dihadiri Ketua DPRD Tanjabbarat

Berita

Kunker sekaligus silaturrahmi Dandempom II/2 disambut Bupati dan wabup

Agama

Wagub meninjau Pelaksanaan MTQ didamping Bupati dan wabup

Berita

Prof.Nasaruddin Umar undang Bupati Dalam Kegiatan Book Launcing Serta Doa Untuk Bangsa

Berita

Rakor Rutin Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 diikuti Sekda melalui Zoom Meeting

Agama

Wagub meninjau kondisi Arena Utama MTQ ke-50 didampingi Wabup

Agama

Wabup menyambut Safari Ramadhan Gubernur dan rombongannya