oleh

Pesantren Ramadhan Di SMANegeri 1 Kuala Tungkal, menyentuh, khidmat dan tertib

Foto:Kepala Sekolah SMANegeri 1 Khairil Anam, S.Pd menyampaikan ceramahnya pada hari pertama kegiatan Pesantren Ramadhan, Kamis (17/05)

Suaratanjab. Com-Kuala Tungkal
Pesantren Ramadhan merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh sekolah pada saat bulan ramadhan yang bertepatan dengan liburan sekolah. Guna meningkatan keimanaan dan ketaqwaan serta berbudi pekerti luhur dalam bentuk aktualisasi pembiasaan hidup beragama.

SMANegeri 1 Kuala Tungkal (SMA Rujukan),seperti Tahun-tahun sebelumnya juga mengadakan Pesantren Ramadhan di sekolahnya selama 3(tiga)hari dimulai pada hari Kamis, Jumat dan Sabtu,terhitung tanggal 17 s/d 19  Mei 2018,Pesantren Ramadhan diselenggarakan oleh Osis dan Rohis KIP SMANegeri 1 Kuala Tungkal didampingi oleh guru-guru Pembinanya. Kegiatan dimulai pada jam 08.00 s/d Jam 11,diawali dengan sholat Dhuha Berjama’ah, ceramah agama dan Membaca Alqu’an, Pesantren Ramdhan untuk tahun ini hanya diikuti oleh murid-murid kelas X dan XI karena kelas XII sudah tidak bersekolah lagi karena sudah tamat.

Menurut salah seorang guru Pembimbing Noor Hidayanti, S.Pd sekolah mereka mengadakan Pesantren Ramdhan adalah kegiatan rutin setiap Bulan Ramadhan bertujuan agar Guru dan Murid dapat mengisi hari-hari dibulan Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat, berfahala dan lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT,dan juga untuk mengisi waktu murid-muridnya kearah kegiatan yang positif sambil mempersiapkan diri menjelang ujian kenaikan kelas, tambahnya mengakhiri perbincangannya dengan Suaratanjab. Com

Salah seorang guru dan juga pembina Rohis SMANegeri 1 Abdul Ra’uf,S.Pd.I pada ceramahnya mengangkat ayat Alquran surat Albaqarah 183 “Hai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang bertakwa“ ,Ramadhan adalah  bulan segala kebaikan: bulan ampunan, bulan tarbiyah (pembinaan), bulan dzikir dan doa, bulan Al-Qur’an, bulan kesabaran, bulan dakwah dan jihad. Masih banyak lagi makna-makna lain bulan Ramadhan yang memberikan tambahan kebaikan dan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan dunia,demikianlah salah satu isi ceramahnya.

Setelah Pesantren Ramadhan,SMANegeri 1 juga akan mengadakan Sholat Isya dan Sholat Tarawih berjama’ah  pada tanggal 1-6 Juni 2018 setelah ujian kenaikan kelas selesai. (Rin)

Komentar

News Feed