oleh

Penyuluhan Desa Sadar Wisata di Mekar Jaya oleh Disparpora

Suaratanjab.com-Kuala Tungkal
Pemerintah Daerah Tanjung jabung Barat melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) mengadakan penyuluhan Sadar wisata didesa Mekar jaya kecamatan Betara Kamis (20/12) dalam rangka menyadarkan Masyarakat Tanjung Jabung Barat  kalau banyak potensi tempat-tempat wisata yang bisa dipromosikan antara lain :Ancol Beach,wisata Bahari Perkampungan Nelayan, Air Ratu Terjun Calista, Taman Nasional Bukit Tigapuluh, Pemandian Air Panas,Air Terjun Pelangi serta acara Festival Arakan Sahut dan Religi Haulan yang sudah menjadi Tradisi Tahunan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Melihat banyak masyarakat yang belum mengetahui dan juga kurangnya perhatian akan potensi yang ada untuk itu pemerintah mengadakan penyuluhan tentang wisata dengan melibatkan berbagai elemen yang ada dimasyarakat misalnya kelompok Karang Taruna, ibu-ibu PKK serta pemerintah desa seperti Lurah.

Untuk itu Pemerintah bekerjasama dengan beberapa Narasumber dengan gencar terus memperkenalkan dan mempromosikan wisata-wisata daerah yang ada, acara hari ini narasumber berasal dari Dispapora sendiri yaitu Kepala Dinas Disparpora Tanjung Jabung Barat Otto Riadi, Neliwati dari Asosiasi Tour Travel Indonesia (Astindo) dan Ade Jermawinsyah Zebua, SE.MM dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia(PHRI).

Salah seorang Narasumber Neliwati dari Astindo memberikan pembekalannya bagaimana peran Astindo untuk mengangkat Pariwisata yang ada agar layak menjadi Desa Wisata,misalnya Pemandian Air Panas yang berada di Kecamatan Betara serta perkebunan kopi Liberika yang telah disiapkan sebagai salah satu destinasi wisata perkebunan,ditambahkannya juga bahwa Peran Astindo adalah untuk mengajak minat anak-anak muda  berperan serta dalam pengembangan wisata didaerahnya.

Sementara itu pada Suaratanjab.Com Kepala Disparpora mengatakan ada 4 Tujuan yang akan dicapai dalam pertemuan hari ini antaralain:

  • 1.Untuk mendukung dibentuknya Desa Wisata didesa Mekar Jaya yang akan dijadikan Pionir dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa Desa Wisata tidak hanya bisa berdiri sendiri tapi harus didukung oleh masyarakat sekitarnya.
  • 2.Investasi yang sedang dikembangkan untuk menjadi kampung wisata Ekologi dengan mempersiapkan 25 orang Pioner untuk mempromosikannya.
  • 3.Menyiapkan Manajemen dengan Koperasi Mekar Jaya sebagai Induk Manajemen dalam pariwisata.
  • 4.Dukungan Finansial yang sementara ini didukung oleh PetroChina bersama dengan Koperasi dengan harapan nantinya mendapat dukungan dari dan pusat.

Desa Mekar jaya dijadikan Desa Wisata karena Infrastrukturnya yang dinilai sudah memadai dibandingkan Desa lainnya, Desa Mekar jaya merupakan perkampungan perkebunan Kopi terurama sekarang Kopinya yang terkenal dengan nama ” Kopi Liberika”,sudah dipersiapkan selama +/- Satu tahun untuk menjadi desa Eko wisata,demikian beliau menambahkan dan tak lupa beliau berpesan sebagai wakil dari Pemerintah Daerah mengharapkan peran dan partisipasi masyarakat karena Pariwisata adalah salah satu kegiatan ekonomi yang mudah, murah dan tidak ada habis-habisnya,masyarakat dapat berperan aktif dengan mempersiapkan Penginapan/Hotel,Kuliner khas daerah dan buah tangan/oleh-oleh dan tentunya bersama-sama Pemerintah terus menerus mempromosikan wisata daerahnya masing-masing. (rin)

Komentar

News Feed