Bupati melakukan pertemuan dengan Kepala Bagian Promosi Batam Bupati menjadi Pengisi Materi pada Latihan Kader Tingkat Nasional HMI Peringatan Usro’ Mi’raj tahun 1444 H dihadiri Bupati Ketua DPRD Reses diLubuk Terentang warga menyambut dengan hangat DPRD Tanjung Jabung Barat Lakukan Reses Masa Sidang II ke Dapil Jaring Aspirasi Masyarakat

Home / Berita / Daerah / Infrastruktur / Tanjab Barat

Kamis, 23 Februari 2023 - 11:32 WIB

PENCAPAIAN PEMBANGUNAN 2022, MENURUT MISI BUPATI DAN WABUP TANJUNG JABUNG BARAT 2021 – 2024

Suaratanjab.com-Tanjabbarat

MISI 1. PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERILMU, BERIMAN DAN BERAHLAK. Indikator utama yang umum digunakan dalam menilai hasil pembangunan adalah IPM (Indek Pembangunan Manusia), Pada tahun 2021 lalu capaian IPM Tanjab Barat adalah 68,16, pada tahun 2022 ini Alhamdulillah ada peningkatan menjadi 68.79, angka ini melewati target RPJMD pada tahun 2022 yang dipatok 68.18. ini menunjukkan ada kemajuan pembangunan di 3 sektor ( Pendidikan, ekonomi dan Kesehatan).

Hal ini ditunjukkan dari data statistik. Bidang Pendidikan :bahwa pada tahun 2022 Rata-rata lama sekolah kita naik dari 8 tahun di 2021 menjadi 8.18 tahun , target RPJDM adalah 7,87 tahun. Indek Literasi juga sudah berhasil kita tingkatkan dari 15,21 persen tahun lalu menjadi 30,71 pada tahun 2022 dan melewati target RPJMD . Untuk Pendidikan keagamaan, kita juga membantu Guru Madrasah : 1.169 orang, Guru Ponpes : 250, Da’i orang Desa : 134 orang . Imam Masjid, Guru Ngaji dan Mudim : 4.709 orang, disamping itu kita juga membantu pembangunan Masjid melalui CSR dan BAZNAZ Tanjab Barat. Bidang Kesehatan ; Usia Harapan Hidup pada tahun 2022 meningkat menjadi 68,43 tahun dari 68.17 tahun pada tahun 2021 lalu , ini juga melewati target RPJMD yang dipatok 68,21 tahun. Penurunan Stunting yang merupakan fokus pemerintah Pusat juga berhasil kita tekan, dari 19,8 persen pada tahun 2021, menjadi 9,9 % pada tahun 2022, ini merupakan terbaik se Provinsi Jambi. Dari sisi ekonomi, disela-sela pemulihan ekonomi pasca Covid 19, terjadi peningkatan pengeluaran perkapita masyarakat Tanjab Barat menjadi Rp.9.968.000,, yang sebelumnya pada tahun 2021 Rp.9.639.000.

READ  Tunamen Badminton Kapolres Cup dihadiri ketua DPRD

MISI 2 . MEWUJUDKAN KODISI SOSIAL YANG TENTERAM, TERTIB DAN DEMOKRATIS Alhamdulillah kondisi kehidupan masyarakat tidak ada peristiwa yang menonjol, beberapa kali demontrasi dalam tahun ini merupakan hak masyarakat dalam memberikan kontrol sosial terhadap proses pembangunan dan itu dilaksanakan secara demokratis. Kondisi sosial yangbaman tercermin dari Indek persepsi rasa aman di Kabupaten Tanjung Jabung Barat cukup tinggi yaitu 92,75. Namun kedepan kita perlu memperhatikan khusus terhadap bencana musibah Kebakaran yang masih sering terjadi di Kota Kuala Tungkal ini. Saya selalu menghimbau masyarakat untuk selalu wasapada terhadap bencana ini dan juga kepada Dinas Pemadam Kebakaran saya juga selalu meminta tetap waspada dan selalu memberikan himbauan kepada masyarakat.

READ  Fasha:Partai Nasdem tidak mengenal Istilah menghalalkan segala cara dan Mahar Politik.

MISI 3. PENINGKATAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK UNTUK PELAYANAN PUBLIK. Kami terus berusaha untuk menerapkan tata Kelola pemerintahan yang baik untuk pelayanan publik. Alhamdulillah DPRD Tanjab Barat selalu mendukung Pemda dalam menerapkan ini, dimana indikatornya penetapan APBD selalu tetap waktu, Opini BPK kita tahun 2021 WTP dan untuk tahun 2022 kita masih menunggu pemeriksaan BPK yang akan entry di awal Maret nanti, Nilai SAKIB kita alhamdulillah sudah B, Kabupaten Layak Anak kita pada posisi PRATAMA, semua sudah memenuhi target RPJMD.

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati hadiri rakor pembahasan konflik masyarakat 9 desa dengan PT.DAS

Berita

Bupati Gelar Doa Selamat dan Berikan Santunan kepada Janda dan Lansia

Berita

Himbauan Bupati agar Kades terus sosialisasikan upaya pencegahan Karhutla

Agama

MTQ ke-IX tingkat kelurahan dibuka secara resmi oleh Bapati

Berita

DPRD Tanjabbar Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Reses

Berita

Ketua DPRD:Terkait Polemik Renovasi Pujasera Kualatungkal

Berita

Pencanangan Kelurahan Kampung Nelayan Sebagai Kampung Bebas Narkoba dihadiri Wakil Ketua DPRD

Agama

Wabup menyambut Safari Ramadhan Gubernur dan rombongannya