oleh

Pencanangan Kampung Ormas mengabdi di kelurahan Tungkal 1

Suaratanjab.com-Kuala Tungkal

Untuk lebih memberdayakan Ormas-ormas yang ada telah terdaftar diwilayah kabupaten Tanjung jabung Barat, dan agar sesama ormas dapat bersama-sama bekerja mengabdi pada masyarakat, perlu hendaknya diadakan kegiatan yang sifatnye terjun langsung  dan bersosialisai dengan masyarakat.

Pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik pada Rabu (27/11) mengadakan acara “Pencanangan Kampung Ormas Mengabdi Tahun 2019” didesa Parit 7 kelurahan Tungkal 1,acara berlangsung tepatnya di TPI( Tempat Pelelangan ikan)  Kuala Tungkal.

Bupati Tanjab Barat dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda H. Agus Sanusi menyampaikan sangat mengapresiasi Pencanangan Desa Tungkal I sebagai Kampung Ormas Mengabdi yang didinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanjab Barat menjadi wadah ormas di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dikatakan Bupati bahwa peran organisasi masyarakat (Ormas) salah satunya adalah sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan.

Keberadaan ormas diyakini mampu menjadi perekat kebangsaan dan menjadi jembatan antara kepentingan rakyat dan negara.

“Disamping itu, ormas juga memiliki fungsi menjaga stabilitas politik dan sosial. Karena berada ditengah berbagai kepentingan yang terjadi diantata kelompok masyarakat yang memungkinkan meminimalisirnya potensi konflik,” ujar Sekda membacakan sambutan Bupati Saftial.

Oleh karena itu lanjut Bupati, ormas apapun latar belakangnya, perlu didorong menjadi motor penggerak bangsa, baik itu nasional maupun daerah.

Sebelum menutup sambutannya, Sekda  menitipkan harapan besar agar dibentuk Forum Ormas se Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kegiatan ormas agar lebih dipertajam di masyarakat, sehingga pandangan masyarakat terhadap ormas lebih positif.

“Peran ormas menjadi mitra pemerintah daerah dalam membangun dan mengembangkan Kabupaten Tanjung Jabung Barat lebih ditingkatkan di masa yang akan datang,” tutup Sekda.

Kaban Kesbang Pol Kabupaten Tanjung Jabung Barat H. R. Aziz Muslim, M.AP mengungkapkan pencanangan Kampung Ormas Mengabdi tahun 2019 yakni Desa Tungkal I, Desa Teluk Sialang Kecamatan Tungkal Ilir Desa Parit Deli Kecamatan Kuala Betara.

“Tujuannya sebagai wadah bagi Ormas-ormas yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat baik dalam menyampaikan visi misi, program kerja maupun kegiatan positif lainnya,” katanya.

Pembentukan sendiri mengacu pada UU 17 Tahun 2013 tentang Ormas, Permendagri 58 Tahun 2017 tentang Kerjasama Kemendagri dan Pemda serta Perda Tanjab Barat tentang Ormas.

Menurut salah seorang peserta dalam ormas mengabdi yaitu Sukamto,S.Pd yang mewakili organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengatakan, “Dengan adanya pencanangan kampung ormas mengabdi sangat bermanfaat bagi masing-masing Organisasi dan masyarakat atau dalam istilah pendidikan dikenal dengan” TRIAS PENDIDIKAN “,terutama bagi PGRI yang akan menekankan pentingnya kerjasama Sekolah,Guru  dan masyarakat dalam mendidik anak untuk menjadi generasi penerus bangsa nantinya, dan PGRI berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya sebagai kegiatan rutin Ormas agar dapat lebih dikenal masyarakat dan dapat saling bersosialisasi antar ormas juga, demikian harapan Sukamto selalu perwakilan dari PGRI Tanjung Jabung Barat.

Turut hadir dalam acara pencanangan hari ini antara lain, Bupati Tanjung Jabung Barat yang diwakili oleh Sekda Kabupaten H.Sanusi,perwakilan Kakan Kesbangpol jambi, forkompinda,ormas-ormas dan anggotanya, masyarakat. (rin)

Komentar

News Feed