oleh

Penanaman Pohon Mangrove oleh Bupati dan Kapolda Jambi

Suaratanjab. Com-Kuala Tungkal

Kuala Tungkal – Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS bersama Kapolda Jambi Irjen Drs. Firman Santyabudi M.Si, lakukan kegiatan penanaman pohon mangrove dalam rangka kegiatan ” Polri Peduli Penghijaun Pantai dan Penguatan Ekonomi Pesisir”. Jum’at (21/02).

Kegiatan penanaman pohon mangrove yang dilaksanakan di Parit 9 Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir ini, juga diikuti oleh unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, para Asisten, Staf ahli bupati, OPD dan Para Kabag serta tamu undangan lainnya.

Sebelumnya, kedatangan Kapolda Jambi beserta rombongan di sambut langsung oleh Bupati didampingi Ketua TP PKK Tanjab Barat di Rumah Jabatan Bupati Tanjung Jabung Barat.

Dalam sambutannya Safrial menyampaikan, mengingat pentingnya keberadaan hutan mangrove, pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, melalui APBD tahun 2019, yang didukung oleh Kementerian Pariwisata R.I, melalui DAK 2019, mengangkat eksistensi hutan mangrove di Tanjab Barat. Salah satunya melalui pengembangan alternatif lokasi objek wisata tematik yang unik dan menarik, berlokasi dipangkal babu Desa Tungkal I.

“Upaya yang dimaksud yaitu dengan pengembangan sarana dan pra sarana penunjang di lokasi ekowisata di hutan mangrove Pangkal Babu Desa Tungkal I, tujuannya agar lebih mudah diakses oleh wisatawan maupun peneliti lingkungan hidup” ujar Bupati.

“Jauh lebih penting, kedepannya kita harapkan keberadaan hutan mangrove ini dapat kita kembangkan dari berbagai sisi, sehingga dapat memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Tanjab Barat” tambah Safrial.

Bupati juga berharap kedepannya Kapolda Jambi dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat terkait penghijauan pantai dan penguatan ekonomi wilayah pesisir di Tanjung Jabung Barat.

“Saya berharap kepada Polda Jambi untuk terus bersinergi bersama pemerintah Kabupaten Tanjab Barat terhadap penghijauan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat kedepannya,” imbuh Bupati.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Firman Shantyabudi juga jelaskan banyaknya manfaat hutan mangrove bagi masyarakat. Menurutnya, selain sebagai pencegah abrasi, hutan mangrove sendiri juga berguna sebagai penyerap polusi, penyedia hasil hutan kayu, dan sebagai tempat berlindungnya dan berkembang biaknya berbagai jenis biota laut.

“Kita harus lebih peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan melakukan penanaman pohon mangrove ini, pohon mangrove ini sudah banyak yang rusak, sudah seharusnya kita mulai melestarikannya” kata kapolda jambi.

“Alam memberikan banyak manfaat bagi kita, sudah sepatutnya kita berkewajiban untuk menjaga alam dan lingkungan” pungkasnya.

Sebelum kegiatan penanaman pohon mangrove, Kapolda Jambi serahkan secara simbolis bibit pohon mangrove kepada Perwakilan Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat, serta Perwakilan Pelajar dan Mahasiswa lingkup Kota Kuala Tungkal.(hms)

Komentar

News Feed