oleh

Pemda mengadakan festival Habsyi dan Hadrah Menyambut Tahun Baru Islam 1439 H

Suaratanjab.com-Kuala Tungkal

Seperti tahun-tahun sebelumnya,Pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Barat terus berupaya mengaktualisasikan, memelihara dan melestarikan seni kesenian lokal dan Islam di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan Kabupaten Tanjung jabung Barat.

Hal itu dibuktikan diselenggarakan Festival Habsyi Berhadrah dan Hadrah Tradisi menyambut tahun Baru Islam 1439 Hijriyah dengan memperebutkan tropi bergilir Bupati Tanjung Jabung Barat oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjabbar.
Kegiatan ini dibuka oleh Sekdakab Drs. H. Ambok Tuo, MM, acara festival di gedung runtuh, Senin (25/9/17).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan handrah oleh Sekda Drs. H. Ambok Tuo, MM diikuti oleh jajaran Forkompimda. Dan penampilan Hadrah Az-Zahra sebagai pemenang tahun 2016.
Menurut Sekda, Festival Maulid Habsyi Berhadrah dan Hadrah Bertradisi merupakan salah satu bentuk akulturasi syi’ar dan kesenian lokal dan Islam yang telah lama eksis di tengah masyarakat.
“Hadrah tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga sebagai bentuk syi’ar agama Islam,” ungkapnya.

Nilai-nilai Islam, kata dia, sejatinya tidak hanya nampak dan diaktualisasikan dalam bentuk kegiatan peribadatan semata. Lebih dari itu, nilai Islam juga dapat ditemukan dalam kesenian.
“Melalui festival ini diharapkan mendorong dan motivasi masyarakat meningkatkan nilai-nilai ke Islaman baik yang sifatnya langsung berhubungan dengan Allah SWT, maupun yang berhubungan dengan masyarakat,” ujar Sekda.
Kemudian diharapkan pula menumbuhkan cinta bersolawat kepada Rasulullah bagi generasi muda dan masyarakat, dan kedepan dapat melahirkan grup-grupp hadrah baru yang akan mewakili daerah ketingkat Provinsi bahkan Nasional.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Sekretaris Drs. H. M. Yusup, M.Pd selaku Ketua panitia, menyampaikan Festival Habsyi Berhadrah dan Hadrah Bertradisi diselenggarakan selama 1 minggu.
“Mulai dari tanggal 25 September hingga 02 Oktober 2017. Diikuti 23 grup Habsy dan 21 Hadrah se Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” ujarnya.

Untuk diketahui kegiatan Festival Habsyi Berhadrah dan Hadrah Tradisi sebelumnya dilaksanakan oleh Dinas Parpora seiring dengan perubahan OPD dipindahkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
Turut hadir dalam Ketua PA Kuala Tungkal Senen, S.Ag, MH, Wakapolres Kompol. Hendri Batubara, Kasdim 0419/Tanjab Mayor Inf Firdaus, Kadis Dikbut Martunis Yusuf, S.Pd, M.Pendapatan Daerah, Staf Ahli, para asisten dan kepala OPD serta perwakilan seluruh peserta(Ovi).

  • IMG_20171002_181613

Komentar

News Feed