oleh

Pembukaan MTQ Kabupaten Tanjab Barat Ke 46 Di Muara Papalik Meriah

SUARATANJAB.COM, MUARA PAPALIK – Ditandai dengan pemukulan beduk, Bupati DR. H. Safrial membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Tanjabbar ke-46 tahun 2016, di lapangan sepakbola Kelurahan/Desa Rantau Badak Lamo, Kecamatan Muara Papalik, Jumat (04/11/16) malam.

Disamping pemukulan beduk, pembukaan MTQ juga ditandai dengan pelantikan dewan hakim serta penyerahan piala bergilir oleh Camat Bram Itam selaku Juara Umum MTQ ke 44 tahun 2014 di Kecamatan Pengabuan, kepada Bupati, kemudian diserahkan oleg bupati kepada Camat Muara Papalik Drs. Takdirman selaku ketua pelaksana untuk diperebutkan kembali pada MTQ ke-46 ini.

Pembukaan MTQ yang berlangsung meriah dan semarak, sebelumnya diawali dengan pawai taaruf kafilah pada sore harinya, kemudian devile kafilah serta tarian masal oleh pelajar se Kecamatan Muara Papalik.

Dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Wakil Bupati H. Amir Sakib, Wakil Ketau DPRD Mulyani Siregar, perwaikalan Forkopinda, Sekdakab, kepala SKPD, Ketua TP PKK, Ketua GOW, para camat dan rombongan kafilah dari 13 kecamatan serta disaksikan ribuan masyarakat Kecamatan Muara Papalik dan sekitarnya.

Dalam sambutannya Bupati DR. H. Safrial mengatakan, even MTQ ini diharapkan bermanfaat mendorong umat Islam mencintai, membaca, memahami, menggali, dan mengamalkan Al-Qur’an yang berisi ilmu keimanan, pengetahuan, sejarah serta nilai-nilai agung lainnya, sekaligus mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, pelaksanaan MTQ ke-46 ini, juga merupakan salah satu tahapan dalam menyiapkan kafilah Kabupaten Tanjabbar untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi pada tahun mendatang.

“Kitab suci Al-Qur’an hendaknya menjadi pegangan umat untuk hidup selamat di dunia dan akhirat,” katanya.

Bupati juga berharap pelaksanaan MTQ ke-46 ini, jangan hanya sekedar dilaksanakan saja, tapi mampu melahirkan kafilah yang bisa diandalkan untuk mengharumkan nama Tanjabbar, pada MTQ tingkat Jambi di tahun mendatang,” harap Safrial.

Sebagaimana diketahui, dalam mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jambi, kafilah Kabupaten Tanjung Jabung Barat seluruhnya Putra Asli Daerah (PAD). Tidak ada kafilah rental.

Selanjutnya, Camat Muara Papalik Takdirman selaku ketua pelaksana dalam mengatakan, MTQ yang berlangsung dari Jumat sampai Senin (04-07/11), sesuai jumlah cabang yang dilombakan, dilaksanakan pada tujuh tempat, dengan peserta lomba lebih kurang 400 an orang.(RIN)

 

image image

Komentar

News Feed