Home / Advetorial / Berita / Daerah

Rabu, 8 Februari 2017 - 15:55 WIB

Pelaksanaan UNBK di SMKN 1 dikhawatirkan terkendala pemadaman listrik

image

 

SUARATANJAB.COM, KUALA TUNGKAL – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hanya menyisakan waktu kurang lebih 3 (tiga) bulan, yakni akan digelar pada April 2017 mendatang. Kendati beberapa persiapan telah dilakukan sekolah penyelanggara, Pemadaman Listrik menjadi hal yang diwaspadai.

Pasalnya, pengoperasian Komputer untuk pelaksanaan UNBK sangat bergantung pada arus listrik. Seperti server, jaringan internet dan lain sebagainya. Jika listrik padam semuanya akan terganggu.

“Untuk itu pihak sekolah sudah menyiapkan genset sendiri untuk server. Mudah-mudahan saja pada saat pelaksanaan UNBK tidak mati lampu lebih dari satu Jam,” ungkap Bambang Saprianto S.Kom, Koordinator Pelaksanaan UNBK SMK Negeri 1 Kuala Tungkal, Senin (06/2/17).

READ  Rakor Gubernur seWilayah Sumatera dihadiri Wabup

Intinya kata guru lulusan Sarjana Komputer ini, kalau terjadi pemadaman listrik, server dan jaringan internet jangan mati.”Kalau Klien mati, tidak masalah karena nanti bisa di restore di server. Dan dilanjutkan diserver. Makanya kita jaga kalau bisa UPS di server kapasitasnya besar arusnya. Supaya nahan atau Back-up nya lama,” terangnya.

Kendati demikian persiapan yang dilakukan pihak SMKN 1 telah menyiapkan 3 (tiga) buah lab. Dimana masing-masing lab di isi 40 unit Komputer. “Tiga ruangan inilah yang dikhususkan untuk pelaksanaan UNBK,” katanya.

Dari 120 unit Komputer ini didukung 5 (lima) server, diantaranya 3 (tiga) inti dan 2 (dua) cadangan. “Nanti ada 342 siswa yang menggunakan komputer ini,” bebernya.

READ  Konsultasi KLHS RPJMD dibuka Sekda

Selain untuk siswa SMKN 1, ada juga sekolah lain yang menginduk di Sekolahnya. Seperti SMA Negeri 1, SMA PHI, SMP Negeri 3. “Pelaksanaan UNBK ini dilaksanakan bergantian. Pertama SMK, lalu SMA, kemudian baru SMP,”bebernya.

Sementara untuk pematangan siswa, kata Bambang, pihak SMK Negeri 1 sudah melaksanakan Try-Out begitu juga dengan SMA yang mengiduk di SMK.”Jadi Aplikasi Tryout kita samakan dengan Aplikasi Ujian Nasional. Dengan begitu diharapkan siswa tidak gugup lagi dengan akses fitur-fitur UNBK,” pungkasnya. (Rin)

sumber : Fendi

Share :

Baca Juga

Berita

Polres Tanjabbarat adakan Pengobatan Umum dan Sunat massal

Advetorial

Bimtek Fasilitas Pengelolaan Bantuan Keuangan Parpol oleh Kesbangpol

Advetorial

Ketua DPRD pimpin Rapat Paripurna ke-4 LKPJ tahun 2019

Advetorial

HBA dan Romi bertemu dengan beberapa tokoh politik

Advetorial

SMA NEGERI 1 KUALA TUNGKAL KEMBALI UKIR PRESTASI PADA AJANG PEMILIHAN PUTERA- PUTERI PENDIDIKAN TANJUNG JABUNG BARAT 2017

Advetorial

KETUA DPRD AKAN MENGADAKAN CROSSCHECK PROYEK PASAR DI BRAM ITAM

Advetorial

Maling pembobol rumah warga ditangkap

Advetorial

15 Desa Akan Gelar Pilkades Serentak