oleh

Pagelaran seni budaya suku-suku dibumi serengkuh dayung serentak ketujuan

Suaratanjab.Com-Kuala Tungkal

Pada Festival Pengabuan 2019 yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Tanjung jabung salah satunya adalah Pagelaran Suku-suku,antara lain adalah: Pagelaran suku Bugis,Suku Padang,Suku Palembang, Suku Jawa, Bollywood.

Salah satu Pegelaran suku yaitu suku Palembang mengadakan Pegelaran pada Jumat malam (6/12),Tari Gending
Sriwijaya, HKBP sumsel yang menampil kan lagu-lagu khas Palembang lagu layang selayang dan cuk mak ilang serta lagu ribu lah ribu.tari ya salman.

Pada pertunjukan ini kesenian tari dan lagu-lagu dibawakan oleh warga Tanjung jabung barat yang masuk dalam kumpulan suku palembang.Pada pertunjukan ini juga “wong Palembang” menyajikan makanan khas Palembang seperti Pempek dengan cukonyo, kerupuk,tekwan.

Pagelaran suku jawa malam Sabtu malam (7/12) menampilkan grup “wijoyo kesumo” yang diketuai oleh H. hamid.SH dari perkumpulan Jawa timur yang menampilkan lagu jawa campur sari diantaranya lagu-lagu khas nya Didi kempot.

Setiap pagelaran suku-suku dari perkumpulan yang ada di Tanjung jabung barat selalu dipadati penonton yang antusias datang walau kadang diselingi dengan hujan, mereka berharap pertunjukan seperti ini dapat terus diselenggarakan tiap tahunnya, disamping untuk melestarikan budaya Daerah dapat juga menjadi hiburan masyarakat.(rin)

Komentar

News Feed