oleh

Kembali Bupati menjadi Pembicara Konfrensi Tingkat Dunia

Suaratanjab.com-Kuala Tungkal

Bupati Tanjab Barat DR. Ir. H. Safrial, MS kembali mendapat kehormatan didaulat menjadi pembicara di Konferensi Tingkat Dunia pada acara United Nation For Climate Change Conference ke 24 (UNNFCCC-COP 24) di Katowice Polandia 2-14 Desember 2018.

Konferensi ini diselenggarakan setiap tahun oleh Sekretariat United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) yang tahun ini dihadiri sekitar 30 ribu delegasi dari 200 negara.

Pada konferensi dunia di Polandia nanti mendapat jadwsl tanggal 11 Desember 2018. Salah satu angenda Bupati Tanjung Jabung Barat H. Safrial adalah menyampaikan kontribusi sektor maritim terkait isu perubahan iklim dunia untuk blue carbon atau carbon biru yang berasal dari mangrove.

Dimana Bupati H. Safrial dipandang dunia telah menginisiasi untuk pembangunan ekosistem mangrove Pantai Timur Sumatera sebagai penghasil oksigen terbaik bagi bumi.

Konferensi perubahan iklim tingkat dunia ini juga sesuai dengan target negara Indonesia dalam penurunan emisi gas rumah kaca sampai 26 persen terutama 80 persen berasal dari hutan dan lahan gambut.

Sebelumnya, Bupati Tanjung jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS juga mendapat kehormatan tampil pada acara Konferensi Laut tingkat Dunia yang dihadiri 45 negara di Nusa Dua Bali, Bupati H. Safrial membicarakan tentang mangrov di Tanjung Jabung Barat.

Berbicara mengenai hutan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat mempunyai hutan rawa gambut dan ekosistem mangrove yang dapat menghasilkan oksigen.

Dimana waktu itu Bupati H. Safrial mengatakan bahwa Pemkab Tanjung Jabung Barat telah lebih duluan memikirkan terkait pengendalian iklim dunia.

“Kita telah memulai terlebih dahulu melakukan aksi pengelolaan ekosistem secara berkelanjutan, maka kita di daulat menjadi pembicara tingkat dunia,” ujarnya.

Dijelaskan Bupati, sebelumnya Kementerian koordinator bidang kemaritiman Republik Indonesia juga telah menetapkan Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai sekretariat bersama (SEKBER) Pengelolaan Lingkungan Kawasan pantai timur sumatera.

“Akhirnya, dengan niat dan kerja yang baik, Kabupaten Tanjab Barat telah mendapat perhatian tersendiri dari Pemerintah Pusat dan dunia,” tutupnya.

Selain Bupati H. Safrial, Bupati Pide Aceh juga mendapatkan kesempatan yang sama menjadi pembicara dalam konfrensi tingkat dunia tersebut.

Komentar

News Feed