Icol: BUMD jangan hanya bisa menguras APBD

oleh

Suaratanjab.Com-Kuala Tungkal

Terkait keberadaan BUMD Tanjung Jabung Sakti yang dinilai sejak dilakukan pelantikan direkturnya 6 bulan lalu belum ada program kerjanya hingga sekarang.

Fizal Riza,ST.MM yang sapaan akrabnya “Icol”selalu ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Tanjung Jabung Barat mengatakan: “Sebagai mitra dari Pemerintah Daerah,BUMD harusnya dapat membantu program-program dalam mendukung misi, visi dari Pemerintah, bukan cuma simbol saja,“ kata Faisal Riza ke awak media, Senin (6/8).Banyak program-program yang dapat jadi potensi di daerah. Harusnya sebagai Direktur BUMD punya kejelian dan trik-trik jitu menyikapinya.

Ketika ditanya anggaran yang sudah digelontorkan untuk BUMD itu, Icol mengakui,

“Sejauh ini belum ada Dewan menyetujui anggaran yang diusulkan. Memang ada wacana BUMD itu akan membuat Bengkel, tapi tidak memenuhi standar yang diinginkan. Kalau mau buat bengkel, harusnya ada lokasi, tenaga kerjanya, setelah itu alat-alatnya. Ini tidak hanya angka-angka saja yang ada, bagaimana mau disetujui,“ tegasnya.

Dia menambahkan, kalau cuma program di atas kertas dan duduk dibelakang meja, anak SD juga bisa. Yang dibutuhkan seorang Manager yang ulet, tangguh dan education.Yang dibutuhkan bukan hanya yang berpendidikan tinggi tapi orang yang bisa membangun dan bersinergi dengan Pemerintah dalam meningkatkan berbagai aspek di Daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Daerah.

“BUMD itu jangan tahunya hanya menguras APBD, namun bisa menghasilkan PAD, “ ujarnya lagi.

Komisaris BUMD Tanjung Jabung Sakti, H Ambok Tuo,MM, mengatakan jika sejauh ini belum ada lagi anggaran yang dikeluarkan untuk BUMD, baru wacana membuat bengkel.

Belum ada anggaran daerah yang dikucurkan untuk BUMD,“ kata Ambok