oleh

Haulan Syekh Abdul Kadir Al-Jailani berjalan lancar

image

SUARATANJAB.COM-Haul Akbar Syekh Abdul Qadir Al- Jailani yang digelar di Pondon Pesantren Al-Baqiatush Shalihat di Kelurahan Sungai Nibung, KecamaanTungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sangat meriah. Tidak kurang 20 ribuan jamah dari seluruh wilayah di Tanjab Barat dan sekitarnya menghadiri kegiatan tersebut, Selasa (10/1/17).

Pantauan di lokasi sejak pagi hari masyarakat berpakaian serba putih sudah berbondung datang untuk mendapatkan tempat di depan. Kedatangan mereka hanya untuk hadir dalam rangka dzikir dan do’a bersama Haul Syekh Abdul Qadir Jailani dan mendengarkakn Tausiyah agama oleh Al-Habib Thohir Bin Abdullah Al-Kaff Pimpinan Ponpes Darul Hijrah Tegal Jawa Tengah.

Ditengah puluhan ribuan jamaah yang berdesakan sejah pagi itu, hadir Gubermur Jambi H. Zumi Zola beserta istri, Walikota Jambi H. Fasha, Anggota DPD RI H. Abubakar Jamalia, Anggota DPR RI H. A. Bakri, SE. Wakil Ketua DPD RI Prof. Dr. Faruk Muhammad, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ketua dan Anggota DPRD Tanjab Barat, Unsur Forkompimda, Asisten I H. R. Gatoto Suwarso, SH, MM mewakili Bupati Tanjab Barat, Kepala SKPD, Ketua MUI Provinsi Jambi dan Kabupaten Tanjabbar, alim ulama, para guru serat tamu danbundangan lainnya

Gubernur Jambi H. Zumi Zola dalam sambutan singkatnya, mengingatkan dan mengajak semua pihak baik orang tua, guru, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta seluruh jajaran pemerintah yang ada di Provinsi Jambi untuk bahu membahu mencegah dan memberantas narkoba. Karena bahaya narkoba ini sudah mengincar generasi muda, dan mengancam kepunahan bangsa.

“Mari kita bahu membahu untuk mencegah dan memberantas peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. Mari juga jaga diri kita, keluarga kita dan lingkungan kita; dari bahaya laten narkoba,” ujar Gubernur.

Dia mengungkapkan saat ini generasi muda penerus bangsa sudah banyak terpengaruh oleh budaya asing yang tidak sesuai dengan ajaran agama dan efek negatif dari perkembangan era globalisasi. “Pengetahuan agama merupakan salah satu alat untuk menciptakan generasi yang memiliki mental handal. Generasi muda harus meningkatkan pengetahuan agama agar tidak ikut terjerumus ke dalam perbuatan-perbuatan yang tidak bermoral,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua DPD RI Prof. Dr. Farok Muhammad, dalam sambutannya mengatakan mengapresiasi peringatan Haul Akbar Syekh Abdul Qadir Jailani tersebut, yang jumlah pengunjungnya begitu banyak dan antusias. “jamaahnya yang hadir mencapai 20-an ribu, ini menunjukkan kecintaan masyarakat Tanjab Barat terhadap ulamanya, sama dengan di Lombok,” ujarnya. Disamping itu juga beliau menyinggung permnasalahan tantangan Islam yang semakin komolek yakni Narkoba, radikalisme, ISIS dan Pergaulan Bebas, “ini beberapa tantangan Islam ditengah kebangkitan Islam saat ini yang samasama harus kita waspadai,” tegasnya.

Selanjutnya, Ketua Panitia Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag mengatakan acara tersebut sekaligus haul KH. M Nawawi Berjan dan Syekh KH. M. Ali bin Abdul Wahab Pendiri Pondok Pesantren Al-Baqiatush Shalihat dan Milad Majelis Taklim Al-Hidayah Induk Kuala Tungkal yang ke-38 dan Milad Pondon Pesantren Al-Baqiatush Shalihat Kuala Tungkal Ke-24 tahun 2017/1438.

Kegiatan ini merupakan acara keagamaan dan tausiah sekaligus mengambil hikmah meneladani spirit religiotas dan keteladanan Almarhum hidup Syekh Abdl Qadir Jailaani. memperkuat silaturrahmi, membangun kerukunan umat dan persatuan-kesatuan bangsa ini tergambar dari kaum muslimin yang hadir dari berbagai daerah.

Sebelumnya, Senin (09/1) malam terlah dilaksanakan kegiatan berupa dzikri, tahlil dan do’a, tausiyah oleh Syekh Rohimuddin Nawawi Al-Bantani Pimpinan Ponpes Al-Azahariyah Cibitung Bekasi Jawa Barat, serta shalat tengah malam dan wirid menjelang subuh di Masjid Agung Al-Istiqamah Kuala Tungkal.*(rina)

image image

 

 

Komentar

News Feed