oleh

Fasilitasi Pengelolaan Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik oleh Kesbangpol

Suaratanjab.com-Kuala Tungkal

Badan Kesbangpol kabupaten Tanjung Jabung Barat pada hari kamis (5/10/17) di Aula Hotel Masakini Kuala Tungkal menyelenggarakan fasilitasi Pengelolaan Bantuan Keuangan Parpol dengan tema”Tranparansi dan akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Partai Politik Kabupaten Tanjung Jabung Barat”.

Peserta kegiatan adalah partai Politik sebanyak 33(tigapuluhtiga) orang terdiri dari antaralain : Partai Nasdem,PKB,PKS,PDIP,Golkar,Gerindra,Demokrat,PAN,PPP,Hanura dan PBB dan dinas Instansi sebanyak 10(sepuluh) orang,jumlah peserta seluruhnya adalah 43(empat puluh tiga orang).
Nara sumber terdiri dari :
1.Pejabat Badan Kesbangpol Propinsi Jambi
2.Badan Pengelolaan Keuangan dam asset daerah Tanjabbarat.
3.Ketua KPUD Tanjung Jabung Barat
4.Kaban Kesbang Politik Tanjung jabung barat
5.Kepala Inspektorat Tanjung jabung barat.
Adapun Materi yang disampaikan adalah sesuai dengan:
1. a.Permendagri Nomor 6 tahun 2017 tentang perubahan atas Permendagri nomor 77 tahun 2014 tentang Pedoman Tatacara Penghitungan,Pengajuan dalam APBD dan tertib Administrasi Pengajuan.Pengeluaran dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik.
b.Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah nomor 5 tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik
2.Proses Administrasi Pencairan Keuangan dan Mekanisme Laporan Pertanggungjawabab keuangan parpol.
3.Proses Registrasi Autensifikasi KPU Tanjung jabung Barat.
4.Peranan Badan Kesbangpol dalam Pembinaan Partai Politik.
5.Pemeriksaan Laporan Pertanggungjawaban bantuan Keuangan Partai Politik.

Kepala Badan KesbangPol Tanjung jabung barat bapak Drs.R.Azis Muslim,M.AP dalam wawancaranya dengan suaratanjab.com mengatakan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk Mensosialisasikan bagaimana Bantuan Anggaran Pemerintah Daerah dalam memberikan Pendidikan Politik pada Masyarakat dapat dilaksanakan dengan semaksimal mungkin melalui Partai Politik dengan perincian 40% untuk biaya Adimistrasi Sekretariat Partai Politik dan 60% digunakan untuk kegiatan Parpol dalam memberikan Pendidikan Politik pada Masyarakat paling tidak 1 atau 2x dalam setahun misalnya: mengadakan Dialog,Workshop,seminar ataupun lokakarya.
Mengakhiri wawancaranya beliau berpesan kepada “Partai Politk untuk bersama-sama mencerdaskan masyarakat dalam berpolitk agar masyarakat tahu bagaimana berpolitik itu yang sebenarnya“.(Rin)

IMG20171005103118

IMG20171005103206

IMG20171005111148

Komentar

News Feed