oleh

DPRD menggelar Rapat Paripurna ke-2

Suaratanjab.Com-Kuala Tungkal

Rapat Paripurna kedua digelar DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada Sabtu(29/9) malam, guna menindak lanjuti atas penyampaian Nota Keuangan dan Ranperda APBD Perubahan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun Anggaran 2018 di Ruang Paripurna DPRD.

Paripurna kedua dengan agenda penyampaian pemandangan umum oleh Anggota Dewan membawakan suara fraksi ini dipimping langsung oleh Ketua DPRD Faizal Riza ST, MM dihadiri Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS beserta Wakilnya Drs.H.Amir Sakib

Disampaikan Azhari mewakili Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Perubahan APBD sangat penting guna keberlangsungan pembangunan. Terkait adanya penurunan pendapatan daerah yang bersumber dari dana bagi hasil pajak dan non pajak, Fraksi PKB menyarankan kepada Pemkab Tanjab Barat dapat lebih baik, kreatif dan kerjakeras dalam menggali sumber-sumber pendapatan daerah yang sah dalam mendorong pendapatan daerah, serta perencanaan belanja daerah yang harus berorientasi pada program prioritas yang dapat mendukung tercapainya target pembangunan.

Sementara itu, disampaikan Ambok Angka mewakili Fraksi Gerindra, menyampaikan apresiasi atas penyampaian nota keuangan dan Ranperda APBD Perubahan Tahun 2018 dan setuju untuk dibawa ke tahap pembahasan selanjutnya dengan saran Program-program yang telah direncanakan harus mampu direalisasikan tepat waktu dengan memprioritaskan kualitas pekerjaan terutama yang berkaitan pembangunan infrastruktur, serta meminimalisir program kurang tepat sasaran dan efisien sehingga Perubahan APBD dapat menjawab berbagai permasalahan terutama peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Fraksi PDIP juga menyampaikan, apresiasi dan setuju atas Nota Keuangan dan Ranperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2018 untuk dibahas lebih lanjut. Fraksi PDIP menyarankan pemanfaatan pendapatan daerah secara maksimal serta adanya perencanaan yang matang dalam menentukan program prioritas yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat sehingga mampu menjawab permasalahan yang ada.

Fraksi Partai Golkar dalam pemandangannya juga menyetujui Nota Keuangan dan Ranperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2018 untuk dikaji dan dibahas pada tahapan selanjutnya. Fraksi Golkar juga mengapresiasi sikap Pemkab Tanjab Barat dalam mengoptimalkan Pendapatan Daerah serta berharap Pemkab Tanjab Barat dapat memprioritaskan pembangunan insfrastruktur di beberapa tempat.

Nazarudin Mewakili Fraksi partai Amanat Nasional menyampaikan setelah melakukan analisis atas Nota Keuangan dan Ranperda Perubahan APBD Tanjung Jabung Barat Tahun Anggaran 2018, menyepakati setuju untuk dibawa ke tahap pembahasan selanjutnya dengan mengikuti prosedur dan ketetapan yang berlaku.

Fraksi Restorasi Keadilan dalam pemandangan umumnya yang disampaikan, menyatakan setuju atas perubahan APBD Tanjab Barat dengan saran pengelolalaan APBD harus memperhatikan efisiensi, efektivitas, transparansi, akuntabilitas, serta sinergitas antar kegiatan dan program antar instansi dan tingkatan pemerintahan.

Sejalan dengan Fraksi-Fraksi yang lain, Fraksi Demokrat Hanura juga menyampaikan setuju atas Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018, dengan saran Pemkab dapat mengoptimalkan penyusunan anggaran belanja daerah, serta dapat bekerja maksimal dengan melibatkan Pengguna Anggaran dan OPD terkait guna meningkatkan pendapatan daerah.

Rapat paripurna kedua ini dihadiri juga oleh 27 Anggota Dewan, Sekretaris Daerah, Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, dan Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, serta undangan lainnya.

Komentar

News Feed