oleh

DEWN TERIMA LKPJ BUPATI TANJABBAR TAHUN 2016

SUARATANJAB.COM, KUALA TUNGKAL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) menerima laporan pertanggungjawaban Bupati atas LKPJ tahun 2016 yang disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Tanjab Barat dengan agenda penyampaian rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati Tanjabbar tahun anggaran 2016 yang berlangsung di Gedung DPRD, Senin (15/5/17).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Tanjab Barat Faizal Riza, ST, MM dan turut dihadiri Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib, para Wakil Ketua dan anggota DPRD, para Asisten dan Kepala OPD serta tamu undamgan lainnya.

Pada kesempatn itu, Ketua Pansus LKPJ Bupati Tanjabbar tahun 2016, Ambok Angka, SH menyampaikan bahwa pansus telah melakukan pencermatan dan melakukan evaluasi, bahwa sejatinya dokumen LKPJ dibuat secara sistimatis, runut, konsisten serta didukung oleh data yang valid, terinci dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pada masing masing item program pembangunan perlu dijelaskan pencapaian target untuk rentang waktu 5 tahun sesuai RPJMD Tanjabbar sehingga bisa terukur persentase progress pembangunan setiap tahunnya.

Selain itu, Ambok juga menegaskan LKPJ Bupati sebaiknya disandingkan dengan target capaian tahunan seperti tertuang dalam matriks RPJMD kabupaten Tanjabbar dan pembangunan sejatinya dimaknai sebagai programn yang berkelanjutan untuk mendukung visi misi kepala daerah.

Beberapa catatan dan rekomendasi pansus terhadap LKPJ Bupati Tanjung Jabung Barat Tahun anggaran 2016 diantaranya urusan pengelolaan aset Daerah, urusan Pendidikan, urusan Tenaga Kerja, urusan kesehatan diharapkan adanya peningkatan pelayanan RSUD Daud Arif serta Puskesmas di Kecamatan, serta pemberantasan penyakit masyarakat (Pekat) dan tindakan asusila misalnya anak punk yang perlu ditangani secara baik.

“Selain dari pada rekomendasi tersebut Dewan mengapresiasi kinerja pemerintah dalam melaksanakan kebijakan pengelolaan pendapatan daerah khususnya dari sector pendapatan asli daerah (PAD) sebagaimana kita ketahui ada ada beberapa kompnen dari PAD mengalami peningkatan penerimaan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya dimana dari 10 jenis pajak daerah, 8 jenis pajak daerah rata-rata penerimaannya diatas 100 % dari target yang ditetapkan Pada APBD 2017,” ungkap Ambo Angka.

Sementara Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib menyampaikan rasa terima kasih kepada pimpinan serta anggota DPRD Tanjabbar atas hasil pembahasan LKPJ Bupati Tanjabbar Tahun Anggaran 2016. Dikatakannya lagi, tahun 2016 merupakan tahun awal pelaksanaan RPJMD 2016-2021

“Selanjutnya catatan dan rekomendasi disampaikan akan menjadi acuan pembangunan dan perbaikan terhadap pembangunan Tanjung Jabung Barat di masa akan datang,” ujar Amir Sakib.*RY

 

image

Komentar

News Feed