oleh

Apel Kebhinekaan Cinta Damai Berlangsung Khidmad


SUARATANJAB.COM, KUALA TUNGKAL – Sebagai rasa cinta terhadap tanah air dan negara kesatuan Indonesia, Polres Tanjab Barat mengadakan Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai yang bertempat di halaman kantor Pemerintahan daerah Tanjab Barat pada hari, Selasa (15/11/16).

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Tanjab Barat yang diwakilkan kepada Wakil Bupati Drs. Anwar Sakib.

Dalam pelaksanaan apel dihadiri oleh Forkompinda, TNI, Polri, PNS,Para Tokoh Lintas agama, tokoh pemuda, mahasiswa dan pelajar sekitar 400 peserta.

Hal tersebut dimaksudkan dalam rangka menjaga dan memperkokoh Kebhinekaan di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dalam amanat Bupati yang dibscakan oleh Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib bahwa tujuan di selenggarakan upacara kebhinekaan ini untuk memperkokoh kebersamaan dalam membangun dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kebhinekaan tersebut kata Amir Sakib, menjadi salah satu unsur kekuatan bangsa, alat perekat bangsa, pemersatu bangsa, dan landasan pertahanan kita ditengan kerkembangan situasi kondisi saat ini yang semaking maju, kritis dan persaingan global makin tinggi.

Bupati juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama membantu tugas TNI Polri dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Marilah kita ikrarkan semangat dan komitmen menjaga kebhinekaan di Kabupaten Tanjabbar, jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah mempertahankan NKRI melalu kebersamaan kebhanekaan dulunya,” Ujar Irup.

Kapolres Tanjabbar AKBP Agus Sumartono, SIK, SH, MH usai apel mengatakan, diharapkan kerjasama yang baik antara TNI, POLRI, Pemerintah daerah dan masyarakat dapat terus terjalin dengan baik, sehingga kenyamanan dan keamanan di Tanjabbar dapat terus terjaga ditengah beragamnya suku dan budaya masyarakat di Tanjabbar.

Selain itu Kapolres juga mengingatkan TNI dan Polri untuk terus solid dan sebagai garda terdepan untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Tantangan kita semakin kompleks, salah satu cara untuk menghadapi tantangan yang dihadapi negara, adalah terus menjaga sinergitas antara TNI-Polri,” ujar AKBP Agus Sumartono, saat memberikan pengarahan usai apel.

“Saya tekankan para personel Polri dan TNI harus selalu bahu membahu dalam menjaga keutuhan negara, Negara tidak boleh dirongrong, kita harus perangi” ujar Kapolres.

“Mari kita secara bersama jaga keutuhan negara melalui kebersamaan,” ajak Kapolres Agus Sumartono.

Dalam apel besar ini dilakukan Pengucapan IKRAR Kesepakatan Bersama menjaga Kebhinekaan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dilanjutkan Penanda tangganan nota kesepahaman. Oleh Ketua MUI, Ketua LAM, Ketua FKUB, Perwakilan Pemuda, Perwakilan Mahasiswa/Pelajar. Diketahui Bupati, Kapolres, Dandim 0419/Tanjab, Ketua DPRD, Kajari dan Ketua PN Kab Tanjab Barat.

“Mari kita secara bersama jaga keutuhan negara melalui kebersamaan,” ajak Kapolres Agus Sumartono.

Adapun butir Ikrar dimaksud diantaranya

Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UU 1945.
Menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, menghormati keberagaman suku, agama, ras, budaya dan siap bersama-sama menjunjung tinggi kesatuan dalam kebhinekaan.
Mengamalkan sikap prinsip toleran dan menjaga kerukunan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, tertib dan adil.
Menolak segala bentuk gerakan anarkisme dan radikalisme yang ingin memecah belah persatuan bangsa dan mengadu domba dengan provokasi SARA.
Menjunjung tinggi ketentuan hukum yang berlaku di negara kesatuan Republik Indonesia.(RIN)

imageimageimageimageimageimageimage

Komentar

News Feed