oleh

15 Desa Akan Gelar Pilkades Serentak

Kabid Pemdes Drs. Agoes Mamun
Kabid Pemdes Drs. Agoes Mamun

KUALA TUNGKAL – Tahun 2018 mendatang ada 15 Desa dari 8 Kecamatan di Tanjab Barat, yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Menariknya lagi untuk Calon Kades boleh dari Desa lain. Dengan harapan tidak menimbulkan polemik seperti Pilkades yang telah lalu.

Mulyadi, S.Pd, M.Kes, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanjab Barat, melalui Kabid Pemdes Drs. Agoes Mamun membenarkan perihal Pilkades serentak tersebut. Pilkades ini merupakan Pilkades serentak tahap II yang digelar Kabupaten Tanjung Jabung Barat setelah tahun 2016 lalu.

“Ada 15 Desa dari 8 Kecamatan yang melaksanakan pilkades serentak tahap II,” ujar Agoes Mamoen, kamis (05/10/17).

15 desa dari 8 Kecamatan tersebut papar Agoes Mamun yakni, Kecamatan Tungkal Ulu Desa Pematang Pauh, Kecamatan Tebing Tinggi Desa Purwodadi, Kelagian, Kecamatan Batang Asam Desa Sungai Penoban, Kecamatan Renah Mendaluh Desa Pulau Pauh  Lampisi/SP 2, Kecamatan Merlung Desa Penyabungan, Tanjung Paku, Bukit Harapan/SP 4 dan Desa Lubuk Terap.

Kemudian Kecamatan Muara Papalik Desa Bukit Indah/SP 8, Desa Kemang Manis/SP 9, Kecamatan Betara Desa Terjung Gajah, Desa Pematang Lumut dan Kecamatan Kuala Betara Desa Sei dungun.

“Dari 8 Kecamatan yang menggelar Pilkades ini, Kecamatan Merlung terbanyak. Dimana ada 4 Desa disana yang melangsungkan Pilkades,” terangnya.

Sementara untuk persyaratannya sendiri dijelaskan oleh Agoes, untuk syarat Calon yang ikut maju pada tahun 2018 mendatang, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Persyaratan sama. Hanya saja Yudisial yang mengharuskan Calon berdomisili dan terdaftar dengan bertempat tinggal paling lama 1 tahun, di Desa setempat itu tidak ada lagi. Dan untuk para Calon Kades boleh bukan dari warga Desa setempat,” bebernya.

Menurutnya, dihapusnya persyaratan tersebut, dengan harapan agar pelaksanaan Pilkades ditahun depan, tidak ada lagi menimbulkan Polemik seperti tahun sebelumnya. Polemik, yang menyangkut domisili Calon Kades itu sendiri.(rn)

 

Komentar

News Feed